Beranda Daerah 151 Pesantren Dapat Bantuan Covid-19 Pemkab, Rp6,5 Juta/Pesantren

151 Pesantren Dapat Bantuan Covid-19 Pemkab, Rp6,5 Juta/Pesantren

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Pemkab Subang menyerahkan bantuan dana penanggulangan pencegahan Covid-19 sebesar Rp1 miliar kepada 151 pondok pesantren di zona hijau, tiap pesantren sekitar Rp6,5 juta, di Kabupaten Subang yang diserahkan oleh Kabag Kesra Setda Pemkab Subang.

Penyerahan bantuan covid-19 untuk kalangan pesantren ini dilakukan dalam kesempatan Sosialisasi Kebijakan Kegiatan Pesantren dan Revitalisasi Rumah Ibadah dalam Menghadapi New Normal yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Subang, Jum’at (19/6/2020) di aula Kemenag Subang, Jl. Mayjen Soetoyo No. 29 Kabupaten Subang.

Kegiatan sosialisasi yang berdasarkan pada SKB Kemendikbud, Kemenag, Kemenkes dan Kemendagri serta Pergub Jawa Barat No.443/Kep-326-Hukham/2020 ini dihadiri Kepala Kemenag Subang Drs. H Abdurrohim serta para kyai pimpinan pondok pesantren se-Kabupaten Subang.

Ketua MUI Kabupaten Subang KH Musa Muttaqin merasa bersyukur peran pemerintah saat ini sudah lebih baik terhadap kalangan pesantren.

“Pemerintah sekarang sudah bangun, ada kepedulian terhadap pesantren sudah baik di pusat atau di daerah,” ungkapnya di hadapan seratusan pimpinan ponpes.

KH Musa juga meminta para pimpinan Ponpes melaksanakan anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Kasie Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Subang H. Sopiadi, S.Ag mengakui keberadaan pondok pesantren di kabupaten Subang ini harus terus diingatkan terkait protokol kesehatan covid-19.

“Mari bersama jalankan protokol kesehatan dan disiapkan, dengan dukungan pemerintah daerah saat ini kepada pondok pesantren, dan ini kami ingatkan terus soal ini (protokol kesehatan) kepada pondok pesantren,” ungkapnya.

Dia juga mengingatkan para kyai bahwa Kemenag sebenarnya sudah menerbitkan surat edaran bagi pesantren dan madrasah tentang PPDB, masuk sekolah dan lain-lain, sebelum adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tapi dengan catatan harus menggunakan protokol kesehatan dan bisa dijadikan pedoman protokol kesehatan.

Ketua Forum Pondok Pesantren (FPP) Kabupaten Subang Drs KH Maman S Jamaludin mengatakan dari 151 pesantren yang dibantu Pemkab Subang, 5 diantaranya disampaikan langsung oleh Bupati Subang H. Ruhimat belum lama ini.

“Yang jelas pondok pesantren yang dibantu penanggulangan covid-19 ini harus benar benar melaksanakan amanah bantuan pemkab Subang karenanya akuntabilitas pelaporan seperti spj juga harus baik, kami FPP dan Kemenag siap membantu para kyai pondok pesantren secara tekhnis jika menemui kendala,” imbuhnya.

BERBAGI