Beranda Daerah Koramil 0501-Pemcam Cibogo Gelar Komsos dengan Kommas

Koramil 0501-Pemcam Cibogo Gelar Komsos dengan Kommas

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Pemcam Cibogo bersama Koramil TNI 0501/SBG menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) dengan komponen masyarakat (Kommas) di aula kantor Kecamatan Cibogo, Rabu (17/6/2020).

Kegiatan komsos dengan kommas dihadiri Camat Cibogo Sri Novia, Danramil TNI 0501/SBG Kapten Inf H Karsa, Polsek Cibogo Iptu Asep Rahmat, aparatur kecamatan, para kepala desa, MUI serta tokoh masyarakat.

Camat Cibogo Sri Novia mengapresiasi kehadiran para kepala desa, dan secara khusus mengapresiasi Kades Cibalandong yang telah berhasil mencapai target lunas PBB 100% serta Desa Majasari yang sudah mencapai target PBB 71%.

Pihaknya juga menyambut baik pencanangan Kampung Tangguh Covid-19 Sapapait Samamanis.

“Untuk percontohannya ada di Desa Cinangsi, namun kita brrharap tidak hanya Desa Cinangsi saja, tapi di semua desa agar ada Kampung Tangguh,” ujar Camat Sri.

Dia mengatakan, yang melatarbelakangi pembentukan kampung tangguh sapapait samamanis ini adalah adanya wabah covid 19 ini. Karena adanya wabah tersebut banyak sekali kendala yang dihadapi oleh masyarakat.

“Akibat wabah tersebut, anak didik kita tidak bisa belajar di sekolah, ruang gerak kita juga terbatas, kemaren kita sudah melakukan PSBB dan sekarang kita berhadapan dengan PSBB mikro. Mari sama-sama mencegah covid-19 untuk melindungi keluarga yang kita sayangi, setiap kita berpergian keluar rumah wajib pake masker, jaga jarak, cuci tangan pake sabun dan pola hidup sehat,” papar Sri.

Danramil 0501/SBG Kapten Inf H Karsa menjelaskan, kegiatan komunikasi sosial (komsos) dengan komponen masyarakat (kommas) ini digelar dengan tetap menggunakan protokol kesehatan, yakni jaga jarak, cuci tangan pake sabun, dan wajib pake masker serta biasakan pola hidup sehat.

“Hal ini adalah kewajiban kita sebagai masyarakat, patuh terhadap pemerintah serta membiasakan hidup sehat dan tentunya untuk kita semua,” imbuhnya.

Dia menambahkan kegiatan pembinaan teritorial (Binter) ini terbagi tiga metode yaitu, pembinaan ketahanan wilayah (Bintahwil), karya bhakti dan Komsos, seperti pelatihan hansip atau wandra termasuk dalam kegiatan komunikasi sosial (komsos) dengan komponen masyarakat (kommas).

“Di tengah pademik covid 19 ini, kita ambil hikmahnya sebagai acuan agar kita hidup bersih dan sehat, diharapkan kedepan agar tumbuh di seluruh komponen yang ada, untuk bersama- sama menjaga wilayah agar bisa kondusif, dan tentunya kita perlu dukungan dari semua pihak agar lingkungan kita bisa bersih, aman serta kondusif,” tutur Kapten Karsa.

Kapolsek Cibogo Iptu Asep Rahmat S.Ip. menyampaikan, pihaknya sebagai pengamanan bertugas menjaga keamanan masyarakat, mengingat di wilayah ini sedang menyalurkan bantuan-bantuan yang datang dari pemerintah pusat, propinsi, dan Pemkab Subang.

“Ketika dalam merealisasikan bantuan tersebut di Desa-Desa ada persoalan- persoalan, coba dimusawarahkan di desanya sendiri, kalau tidak bisa dimusyawarahkan di desa, kita musyawarahkan di tingkat Kecamatan. Anggaran untuk bantuan tersebut digulirkan untuk warga terdampak covid 19, dan anggaran tersebut dipantau langsung oleh beberapa pihak. Diharapkan di Kecamatan Cibogo, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan oleh kita semua, semoga berjalan kondusif aman terkendali. Diimbau kepada warga agar taat aturan pemerintah di dalam memasuki new Normal kita harus mempersiapkan pola hidup sehat, jaga jarak, cuci tangan pake sabun, serta wajib pake masker ketika bepergian,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)

BERBAGI