Beranda Daerah Lawan Wabah, Subang Bentuk 21 Kampung Tangguh Korona

Lawan Wabah, Subang Bentuk 21 Kampung Tangguh Korona

Jabarpress.com, Subang-Pemkab Subang mencanangkan membentuk 21 kampung tangguh covid-19 dengan melibatkan peran TNI/Polri.

Pembentukan Kampung Tangguh Covid-19 disampaikan Bupati Subang H Ruhimat saat rapat koordinasi pembentukan dan peningkatan kapasitas pengurus kampung tangguh sapapait samamanis di wilayah Kabupaten Subang, yang digelar di aula Pemkab Subang, Selasa (16/6/2020).

Dalam paparannya, bupati mengatakan, tujuan dari gerakan sapapait samamanis adalah membantu meringankan beban masyarakat yang terkena dampak covid-19.

“Bila selama ini upaya pemerintah dalam menangani dampak ekonomi Covid-19 melalui 9 pintu, maka Kabupaten Subang menambah satu pintu lagi yaitu pintu sapapait samamanis sehingga menjadi 10 pintu,” ujarnya.

Menurutnya, langkah penanganan covid 19 tentu memerlukan adanya kolaborasi antara seluruh stakeholder yang ada. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, TNI dan Polri mencanangkan Kampung Tangguh Sapapait Samamanis Covid-19 di 21 kampung di wilayah Kabupaten Subang.

“Hal ini merupakan gerakan yang dilaksanakan di desa atau kelurahan bahkan sampai tingkat RW dan RT, sehingga menjadi kegiatan percontohan program kolaboratif dalam menghadapi pandemi covid 19,” papar Bupati Ruhimat.

Selanjutnya, bupati mengajak kepada seluruh kepala perangkat daerah, para camat, kepala desa atau lurah, TNI/Polri serta seluruh masyarakat, agar dapat ikut mensukseskan gerakan kampung tangguh sapapait samamanis Covid-19 di 21 kampung wilayah kabupaten Subang. Pihaknya menginstruksikan untuk melaksanakan sosialisasi secara masif, terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Kita harapkan agar gerakan sapapait samamanis menjadi aksi nyata,” tegas bupati.

Selanjutnya, dalam rapat tersebut disampaikan materi kepada pengurus kampung tangguh sapapait samamanis, dimulai dari pemaparan Kapolres Subang AKBP Teddy Fanani, penyampaian pilot project kampung tangguh sapapait samamanis oleh Wakapolres Kompol Dony Wicaksono, dilanjut oleh Kepala Dinas Kesehatan dr Nunung Suhaeri, Kepala Dinas Pertanian Ir Djadja Rohadamadja, Kepala Dinas Perikanan H Rahmat Effendi, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Bambang Suhendar, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Asep Setia Permana serta Kasat Binmas Polres Subang AKP Supratman.