Beranda Ekonomi 734 KK Desa Majasari Dapat BST Kemensos, Pemdes: Bansos Covid-19 Bermanfaat Buat...

734 KK Desa Majasari Dapat BST Kemensos, Pemdes: Bansos Covid-19 Bermanfaat Buat Warga yang Kehilangan Pekerjaan

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Pemdes Majasari Kecamatan Cibogo menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos RI kepada warga terdampak pandemi covid-19, Sabtu (13/6/2020).

Penyaluran BST Kemensos dihadiri Camat Cibogo Sri Novia, Bhabinkamtibmas Polri dan Babinsa TNI AD, serta lembaga kemasyarakatan desa BPD, LPM, dan RT/RW.

Camat Cibogo Sri Novia menyebut, di Kecamatan Cibogo, jadwal pembagian BST Kemensos berlangsung mulai Kamis, Jumat, dan Sabtu meliputi 9 desa.

“Hari ini jadwalnya di Desa Majasari dan Cisaga,” ujar Camat Sri kepada Jabarpress.com.

Karena hari ini terakhir maka penyaluran bantuan BST susulan akan direalisasikan minggu mendatang.

“Untuk data KPM yang meninggal dunia itu bisa diambil kalau ada ahli warisnya, dan itu juga harus tercantum namanya di dalam Kartu Keluarga yang bersangkutan, adapun untuk warga yang pindah alamat dan tidak tahu keberadaannya maka bantuannya tidak bisa dialihkan atau dipindahtangankan ke orang lain. Mudah-mudahan dari pihak kementerian itu bisa terdeteksi untuk data-data penyaluran BST tahap dua. Sementara ini kita masih menggunakan data tahap pertama, penerima yang dobel itu tidak bisa dialihkan ke orang lain kecuali beda KK dalam satu rumah,” ucapnya.

Sekdes Majasari Rizki Ardiansyah melalui Ketua BPD Desa Majasari Kecamatan Cibogo Bibin Bunyamin S.Thi. bersyukur penyaluran BST Kemensos berjalan kondusif dan pelaksanaannya tetap menggunakan protokol kesehatan, yakni cek suhu tubuh, wajib masker, jaga jarak, dan cuci tangan pake sabun.

“Kita berharap semoga dalam perguliran bantuan dari pemerintah pusat, Pemprop Jabar, Pemkab, itu semuanya sangat bermanpaat bagi warga yang terdampak covid 19, serta bisa mengurangi beban mereka,” katanya.

Bibin menyebut, sebanyak 734 Keluarga Penerima Manpaat (KPM) yang terdampak covid-19 di Desa Majasari mendapatkan BST Kemensos.

“Semuanya sudah terdata dan itu hasil veripikasi data serta tidak ada yang terlewatkan. Kita mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat yang telah mengucurkan bantuan tersebut ke desa kami. Warga merasa bangga dengan adanya bantuan tersebut minimal mereka bisa terbantu dalam perekonomiannya. Bantuan ini sangat bermanpaat bagi warga kami, terutama warga yang betul-betul kehilangan pekerjaan,” imbuhnya.

Seorang penerima bansos, Maemunah (76 tahun), warga RT 6/02 Kampung Rancaseel Desa Majasari bersyukur dengan adanya bantuan tersebut sehingga dapat mengurangi beban kehidupan keluarganya.

“Terimakasih buat pemerintah pusat melalui Pemdes Majasari yang telah merealisasikan bantuan, sehingga kami merasa terbantu dalam perekonomian yang saat ini mengalami kesusahan,” tandasnya.

(Ajat Sudrajat)

BERBAGI