Beranda Daerah Deteksi Covid-19, Pemkab Subang Gencar Tes Rapid Massal, Ini Jadwal dan Lokasinya

Deteksi Covid-19, Pemkab Subang Gencar Tes Rapid Massal, Ini Jadwal dan Lokasinya

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Untuk menyetop penyebaran wabah virus korona covid-19, pasca lebaran Idul Fitri 1411 H, Pemkab Subang melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Subang segera melakukan rapid test massal kepada warga, yang rencananya berlangsung 9 hari di puluhan lokasi.

Hal tersebut bertujuan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Subang, terutama menyasar Orang Tanpa Gejala (OTG) dan melakukan langkah cepat TGTPP untuk melakukan tracing kepada warga yang melakukan kontak erat langsung dengan pasien terkonfirmasi positif covid-19, reaktif hasil rapid testnya, dan mereka yang berada di klaster penyebaran covid-19 sebelumnya.

“Jadi mulai hari ini, Kamis, 28 Mei hingga 5 Juni 2020 kami akan kembali melakukan rapid test massal tahap keenam selama sembilan hari. Ada di 34 titik pelaksanaan dengan total yang disasar 3.620 orang,” ungkap dr. Maxi selaku Jubir TGTPP Covid-19 Subang di Posko Gugus Tugas Covid-19 Subang, Rabu (27/5/2020) siang.

Untuk rapid test hari pertama, akan dilakukan di pasar Kasomalang. Kasomalang ini ada penanganan khusus karena merupakan klaster dari berbagai kelompok.

“Besok ada 400 orang yang akan dirapid test dengan sasaran yang utama para pedagang pasar Kasomalang, kemudian tracing kontak Ny. I di Desa Kasomalang Kulon dan adanya hasil rapid test reaktif di Desa Bojongloa,” paparnya.

Sementara itu update data Covid-19 di Subang sampai Rabu ini, diungkapkan dr.Maxi, tidak ada penambahan.

“Masih seperti hari kemarin 43 orang positif, 13 orang diantaranya sembuh, 3 orang meninggal dunia dan yang masih dalam perawatan ada 27 orang. 10 ada di RSUD Ciereng dan 17 isolasi mandiri. Kemudian pasien dalam pengawasan (PDP) yang ada RSUD Ciereng total ada 56 orang, 46 orang diantaranya selesai atau sembuh, sisanya yang 10 orang itu 8 meninggal dan 2 orang sedang dalam perawatan di RSUD Ciereng. Sedangkan Orang dalam pemantauan (ODP) 5.439 orang atau bertambah sekitar 43 orang dibandingkan dengan data yang kemarin. Yang sudah selesai 4.529 orang dan yang sedang dipantau 910 orang,” papar dr. Maxi.

Jadwal Pelaksanaan dan Lokasi Tes Rapid Massal Pemkab Subang

Berikut ini jadwal pelaksanaan dan lokasi atau sasaran tes rapid massal:

Kamis 28 Mei 2020 digelar di Pasar Kasomalang dan Pasar Sagalaherang.

Jum’at 29 Mei 2020 rapid tes digelar di Polres, Dinas Perhubungan (Dishub), Kejaksaan, Pengadilan dan Pasar Palasari.

Senin 1 Juni 2020 digelar di Pasar Kalijati, Pasar Purwadadi, dan Pasar Pabuaran.

Selasa 2 Juni 2020 digelar di Pasar Jalancagak, Pasar Pagaden, Pasar Wates, Pasar Cipunagara, Pasar Karanganyar, Pasar Jatireja dan Pasar Tambakdahan.

Rabu 3 Juni 2020 digelar di Pasar Cisalak, Yogya Pamanukan, Surya Pamanukan, Pasar Ciasem, pelelangan ikan Blanakan dan Janem.

Kamis 4 Juni 2020 digelar di PT Daenong Global, PT Wilbes Global, PT Shinwon, PT Kondobo Textindo, PT C-Site Texpia dan PT Pungkook Indonesia One.

Jumat 5 Juni 2020 digelar di RSUD Ciereng, DPRD Subang, Posko Covid, para kades, Ponpes Al Hya, pesantren Al Syifa Jalancagak, pesantren Al Syifa Wanareja, pesantren Riyadhul Jannah, pesantren Pagelaran, pesantren Darussalam, Alfamart, dan Indomaret.

BERBAGI