Beranda Daerah Festival Damar Sewu Karang Taruna Bhakti Cirasa Semarakkan Malam Takbiran Idul Fitri...

Festival Damar Sewu Karang Taruna Bhakti Cirasa Semarakkan Malam Takbiran Idul Fitri 1441 H

Jabarpress.com, Subang-Malam takbiran Idul Fitri 1 Syawal 1441 H, Sabtu (23/5/2020) malam, disambut antusias oleh umat Islam.

Di Desa Manyingsal Kecamatan Cipunagara, puluhan pengurus Karang Taruna Bhakti Cirasa Unit 07 Dusun Cirasa menggelar festival Damar Sewu untuk menyemarakkan malam takbiran menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1441 H.

Ketua pelaksana kegiatan festival Damar Sewu, Ajat, mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun dalam rangka menyambut lebaran Idul Fitri.

Selain sebagai ajang silaturahmi dan syiar keislaman, kegiatan festival Damar Sewu juga digelar dalam rangka melestarikan budaya karuhun.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kreatifitas budaya yang sudah lama hilang dan sekarang kami gali kembali agar budaya tersebut tetap ada dan melekat di daerah kami,” ujar Ajat kepada Jabarpress.com.

Namun, karena adanya pandemi Covid-19, peserta kegiatan tersebut dibatasi dan semua peserta diwajibkan pake masker dan selalu jaga jarak sesuai anjuran pemerintah.

Sekretaris pelaksana kegiatan festipal Damar Sewu, Ivan, menambahkan, kegiatan ini untuk memupuk kreatifitas anggota karang taruna serta melestarikan budaya yang telah hilang.

“Dulu orangtua kami ketika datangnya 1 Syawal selalu mengadakan kegiatan Damar Sewu, disini setiap pekarangan rumah dan jalan selalu memasang obor dan menyediakan makanan. Ini merupakan rasa syukur atas kemenangan kita menjalankan ibadah puasa dan saling mencicipi makanan. Budaya ini secara perlahan sudah hilang, disini kami bersama rekan karang taruna mencoba menggali kembali dan menghidupkan budaya yang lebih dikenal festipal damar sewu ini, intinya budaya ini untuk menjalin tali silaturahmi antara pemuda Cirasa khususnya umumnya karang taruna Desa Manyingsal,” imbuhnya.

(Asep H Ocay)