Beranda Daerah FPP Subang Sebut Edaran MUI Soal Salat Idul Fitri Sudah Tepat: Salat...

FPP Subang Sebut Edaran MUI Soal Salat Idul Fitri Sudah Tepat: Salat di Rumah Cukup Tanpa Khutbah

Jabarpress.com, Subang-Ketua FPP Kabupaten Subang Drs KH Maman S Jamaludin tegaskan fatwa MUI sudah tepat soal salat Idul Fitri 1441 H di rumah masing-masing.

Menurutnya, masyarakat cukup melaksanakan shalat tanpa khutbah.

“Bisa dilakukan di rumah masing-masing tanpa khutbah, namun apabila akan melakukan berjamaah maka bisa dilakukan di langgar-langgar atau mushola dengan tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan covid-19 seperti physical dan social distancing serta melakukan pola hidup bersih dan sehat,” ungkapnya.

Menurut Pimpinan Pondok Pesantren Pagelaran I Cimeuhmal Tanjungsiang ini, rangkuman fatwa MUI dan dari PBNU justru agar membuat masyarakat tenang dan tidak perlu resah dalam pelaksanaan shalat Idul Fitri tahun 1441 H ini.

“Tidak perlu bingung, panduan dari MUI kabupaten Subang sudah tepat, lakukan dan ikuti saja karena mudah serta karena kita sedang dalam masa krisis bencana dan wabah covid-19,” lanjutnya.

Terkait jika ada keluarga yang datang dari daerah jauh, menurut KH Maman cukup agar disarankan shalat di rumah saja dan mengisolasi diri, tak perlu salaman dan tetap melakukan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Sebelumnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) Subang mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan Sholat Iedul Fitri pada saat wabah Covid-19.

Ada tiga point dalam surat yang ditandatangani Ketua MUI Subang KH Moh Musa dan Sekretaris Umum H Hamdan Lubis. Surat nomor 20/MUI/KAB.SBG/V/2020 itu menegaskan soal pelaksanaan Sholat Idul Fitri pada Lebaran 2020 ini.

“Untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri 1 Syawal 144i H disarankan agar umat Islam melaksanakan Sholat Idul Fitri di rumah masing-masing bersama keluarga. Apabila tidak memungkinkan di rumah, dapat melaksanakan di Masjid dan atau mushola,” demikian bunyi surat edaran MUI nomor 2.

Ditegaskan dalam surat itu juga untuk menghindari sholat Idul Fitri di lapang terbuka yang mengundang banyak jamaah, pelaksanaan dengan tetap memakai masker, tidak bersalaman selesai sholat, langsung pulang ke rumah masing-masing dan pelaksanaan sholat Idul Fitri di Masjid diharapkan jumlahnya tidak lebih dari 30 orang.

Selain itu dikatakan juga tokoh agama, pemuka masyarakat serta ketua DKM yamg menjadi pimpinan umat agar berkordinasi dengan Dinas Kesehatan atau satgas penanggulangan dan pencegahan covid-19 Kabupaten Subang.