Beranda Ekonomi 672 KK Desa Cibogo Dapat BST Kemensos, Pemdes: Yang Dapat Bantuan Dobel,...

672 KK Desa Cibogo Dapat BST Kemensos, Pemdes: Yang Dapat Bantuan Dobel, Kasih ke Yang Belum Dong!

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Pemdes Cibogo Kecamatan Cibogo menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) Kemensos RI untuk warga terdampak covid-19.

Penyaluran BST Kemensos yang berlangsung Sabtu (16/5/2020) dihadiri langsung oleh Camat Cibogo Sri Novia, jajaran muspika, aparatur desa, bhabinkamtibmas Polri, babinsa TNI AD, BPD, LPM, dan para ketua RT/RW.

Kepala Desa Cibogo Kecamatan Cibogo Ahmad Mahbubi menyebut, jumlah penerima manfaat BST Kemensos di desanya sebanyak 672 kepala keluarga (KK) terdampak covid-19.

Pihaknya berharap, bantuan BST kemensos bisa mengurangi beban ekonomi warganya yang terdampak wabah korona.

“Penerima manfaat BST kemensos ini adalah warga non PKH, non BPNT, Bansos Pemprop, dan non BLT Dana Desa. Sementara yang menjadi polemik di desa adalah masalah data yang dobel penerima, namun hal ini bukan di kita saja melainkan secara menyeluruh bahkan nasional,” ujar Kades Ahmad Mahbubi kepada Jabarpress.com.

Pihaknya berharap kedepan data yang dobel atau tumpang tindih agar segera diperbaiki serta diperhatikan mengacu lebih kepada warga penerima yang tepat sasaran.

“Updet data harus lebih valid, untuk validasi data kita akan menugaskan RT dan RW agar menyisir data yang belum terupdet agar lebih valid lagi,” tegasnya.

Camat Cibogo Sri Novia berharap kedepan untuk data yang ganda atau dobel, pindah domisili, atau warga meninggal, agar diveripikasi dan diperbaiki.

“Kedepan datanya agar lebih valid lagi agar tepat sasaran, sementara warga penerima manpaat itu harus betul-betul warga yang hak menerima bantuan tersebut,” imbuh Sri.

Kasi Kesra Desa Cibogo Kecamatan Cibogo, Ridwan Hidayat, menjelaskan, kuota penerima BST Kemensos sebanyak 672 KK.

“Bagi yang tidak tercover pada penyaluran Sabtu kemarin, mereka ikut susulan dan hari ini, Selasa (19/5/2020) ada 62 KK penerima manpaat yang pembagian BST-nya digelar langsung di aula Kecamatan Cibogo. Data susulan penerima BST kemensos ini bukan hanya di Desa Cibogo saja, tapi juga di desa-desa lainnya ada warga penerima yang belum tercaver pada saat bantuan turun mereka tidak ada,” pungkas Ridwan, Selasa (19/5/2020).

Pihaknya pun mengimbau kepada penerima yang mendapat dobel bansos agar secara sadar memberikannya kepada warga lain yang belum mendapatkannya.

“Mereka yang menerima bantuan dobel, diharapkan menyadari serta mengerti agar bantuan itu diberikan kepada warga yang belum menerima bantuan sama sekali,” pungkas Ridwan.

(Ajat Sudrajat)

BERBAGI