Beranda Daerah Keren! Pemkab Subang Buka Anggaran Covid-19, DPRD Apresiasi Bupati, H Adik: Publik...

Keren! Pemkab Subang Buka Anggaran Covid-19, DPRD Apresiasi Bupati, H Adik: Publik Bisa Cek di Website Ini

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Bupati Subang H Ruhimat memenuhi janjinya untuk membuka secara transparan ke publik mengenai penggunaan anggaran korona Covid-19.

Sebelumnya, janji bupati tersebut sempat disampaikannya kepada Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Subang, H Adik LF Solihin, saat diminta penjelasannya ihwal permintaan sumbangan APD dan masker kepada perusahaan-perusahaan ditengah besarnya alokasi anggaran covid-19 Rp175 M serta desakan agar pemkab membuka transparan penggunaannya.

Realisasi janji bupati terkait transparansi penggunaan anggaran Covid-19 ini, disampaikan oleh Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Subang, H Adik LF Solihin.

Pihaknya pun mengapresiasi upaya Bupati H Ruhimat yang membuka secara transparan penyerapan anggaran covid-19 hingga dibuatkan link atau website khusus yang bisa diakses oleh publik.

“Dengan pernyataan kita kemarin, pak bupati sudah menepati janjinya untuk membuka seterang-seterangnya penyerapan anggaran covid-19. Kita sangat mengapresiasi hal itu,” ujar H Adik kepada Jabarpress.com, Jum’at (15/5/2020).

Dia mengungkapkan, laporan penggunaan dan penyerapan anggaran covid-19 tersebut dimulai per tanggal 13 dan 14 Mei 2020.

“Laporan itu mulai dari penyiapan anggaran sampai penyerapan yang dilakukan oleh dinas pengelola anggaran covid-19, seperti dinas kesehatan, dinas sosial, dan satpoldam. Laporan itu ada yang dibuat tanggal 13 Mei 2020, dan ada yang tanggal 14 Mei 2020. Artinya, bupati sudah menepati janjinya untuk membuka seterang-terangnya terkait rincian anggaran covid,” paparnya.

Laporan anggaran covid-19 tersebut, ungkap H Adik, bisa diakses di laman https://covid19.subang.go.id/transparansi.

“Sudah dibuatkan link-nya, website-nya, silakan dilihat,” katanya.

Pihaknya berharap, laporan transparansi penyerapan anggaran covid-19 ini bersifat kontinyu setiap hari.

“Semoga laporan itu tidak terhenti sekarang, tapi terus diapdate setiap harinya, setiap waktunya terkait rincian penyerapan anggaran covid,” ucapnya.

Terkait besaran jumlah anggaran covid-19, H Adik menyampaikan, mengingat kebutuhan penanganan covid-19 bersifat tentatif, pemkab merencanakan alokasi anggaran dimulai dari Rp119 miliar, lalu naik Rp150 miliar, dan kini bertambah Rp157 miliar.

“Itu perencanaan anggarannya, yang semuanya itu dikelola oleh beberapa dinas,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, anggota DPRD Subang Fraksi PDI Perjuangan, H Adik LF Solihin, meminta Bupati Subang H Ruhimat agar membuka anggaran covid-19 selebar-lebarnya ke publik. Juga meminta agar data-data terkait banyaknya bantuan dari pihak swasta, pihak ketiga atau pihak manapun agar dibuka selebar-lebarnya supaya tidak menimbulkan polemik di masyarakat.

“Dan bupati berjanji dalam waktu dekat ini akan membuka semuanya,” paparnya.

Dia juga meminta Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Subang agar transparan dalam pengelolaan anggaran covid.

“Jangan sampai situasi covid-19 di Kabupaten Subang itu dijadikan sebagai proyek krisis kemanusiaan. Karena itu, tim gugus tugas covid-19 agar bisa membuka informasi selebar-lebarnya, sedetil-detilnya terkait anggaran tersebut,” tegas H Adik.

BERBAGI