Beranda Ekonomi 648 KK Warga Desa Cisaga Dapat BLT Covid-19 dari Kemensos

648 KK Warga Desa Cisaga Dapat BLT Covid-19 dari Kemensos

Jabarpress.com, Subang-Pemdes Cisaga Kecamatan Cibogo menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial atau BLT Kemensos kepada 648 KK (kepala keluarga) terdampak korona covid-19, Jumat (15/5/2020).

Pembagian BST Kemensos dihadiri Camat Cibogo Sri Novia dan aparatur Pemdes Cisaga, bhabinkamtibmas Polri, Babinsa TNI AD, BPD, LPM, tokoh masyarakat serta RT/RW.

Kades Cisaga Kecamatan Cibogo, H. Minto menyebut, data kuota yang mendapatkan BLT Kemensos sebanyak 648 Keluarga Penerima Manpaat (KPM) dari total data dari Pemdes yang diperkirakan 800 KK.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar serta kondusif, tidak ada persoalan. Sementara warga yang belum menerima, kami sudah berembuk dengan BPD serta jajaran Pemdes Cisaga mereka akan dialokasikan ke Banprop dan bantuan- bantuan lainnya.

“Artinya bantuan yang datang dari pusat, propinsi serta bantuan dari pemkab itu kita alokasikan kepada keluarga penerima manpaat yang belum menerima sama sekali, sementara warga yang menerima bantuan BLT dari Kemensos ini adalah warga yang non PKH, BPNT, dan non Banprop serta non BLT Dana Desa. Semoga bantuan tersebut dapat bermanpaat bagi warga terdampak covid 19,” ujarnya.

Camat Cibogo Sri Novia menjelaskan, pembagian bantuan BLT Kemensos ini hari ketiga di Kecamatan Cibogo dan saat ini dilakukan di dua desa yakni Desa Cisaga dan Desa Belendung.

“Kuota di Desa Cisaga sebanyak 648 KPM dan di Desa Belendung sebanyak 407 KPM,” katanya.

Sri mengatakan, untuk data penerima yang doble bisa dialihkan kepada penerima manpaat yang belum menerima sama sekali, yakni penerima adalah warga yang non PKH, non Banprop, BLT Dana Desa dan warga yang Non BPNT.

“Diharapkan semoga BLT dari Kemensos ini dapat bermanpaat bagi warga yang terdampak covid 19. Kita juga imbau kepada warga tetap diam dirumah, jaga jarak, jauhi kerumunan massa banyak, dan wajib pake masker ketika keluar rumah,” tegas Camat Sri kepada Jabarpress.com.

Kusnan, salah seorang Petugas Kantor Pos menjelaskan, penyaluran BLT Kemensos di Kecamatan Cibogo ini merupakan hari ketiga, dan terbagi di beberapa titik yakni di Desa Cinangsi, Sadawarna, Belendung dan Cisaga.

“Terakhir besok dilakukan di Desa Majasari dan Cibogo, sementara kami membawahi dua kecamatan yaitu Cibogo dan Subang,” imbuhnya.

Kusnan menambahkan, untuk saat ini pihaknya merealisasikan BLT di Desa Belendung dan Cisaga.

“Alhamdulillah tidak ada kendala karena kegiatan ini didukung oleh aparatur Pemerintahan Desa dan bhabinkamtibamas Polri serta babinsa TNI AD sesuai dengan nomor urut dan RTS yang ada, kita bisa menyalurkan bantuan tersebut kepada KPM,” tambahnya.

Pihaknya berharap kepada keluarga penerima manpaat, agar mematuhi aturan yang ada.

“Pergunakanlah masker, social distansing, jaga jarak, karena bagaimanapun kita harus bisa menjaga kesehatan,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)