Beranda Daerah Anggaran Covid-19 Rp175 M, Permintaan Sumbangan APD/Masker oleh Pemkab Subang ke Perusahaan...

Anggaran Covid-19 Rp175 M, Permintaan Sumbangan APD/Masker oleh Pemkab Subang ke Perusahaan Dipersoalkan Publik

Jabarpress.com, Subang-Permintaan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan masker oleh Pemkab Subang kepada perusahaan-perusahaan yang dikabarkan ‘dikoordinir’ oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), dipersoalkan oleh sejumlah kalangan masyarakat.

Pasalnya, untuk penanganan wabah korona Covid-19, Pemkab Subang mengalokasikan anggaran cukup besar mencapai Rp175 miliar.

“Kalau masih meminta bantuan, lantas anggaran ratusan miliar rupiah itu dikemanakan, terlebih bantuan-bantuan APD dari setiap perusahaan pada memberi bantuan seperti dari BUMD, BUMN, kemudian dari para anggota DPRD dan masyarakat lainnya,” ujar Ketua Forum Kebijakan Publik (FKP) Kabupaten Subang Aif Saifurohman, Rabu (13/5/2020).

Menurut Aif, saat ini Pemkab Subang harus terbuka mengenai penggunaan anggaran yang cukup besar tersebut.

Praktisi hukum Subang, Endang Supriadi, juga menyoroti ihwal permintaan bantuan sumbangan APD oleh pemkab ditengah adanya alokasi anggaran Covid-19 yang cukup besar.

Dirinya meminta Pemkab Subang agar transparan dalam penggunaannya.

“Jangan sampai ada dugaan dijadikan azas manfaat dalam situasi bencana wabah Covid-19,” tegasnya.

Menurutnya, pengadaan barang-barang untuk kelengkapan APD dengan sistim penunjukan diduga sangat rawan.

“Disamping itu juga dengan banyaknya sumbangan APD diantaranya dari BUMD, BUMN, yayasan, para anggota DPRD dan masyarakat lainnya dimasukan kepada belanja uang APBD, makanya bantuan tersebut harus ada berita acara serah terimanya agar tidak terjadi tumpang tindih dengan dana dari APBD. Kemudian dana sebesar Rp3,4 miliar untuk Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilaksanakan selama 14 hari terhitung dari 6-19 Mei 2020 itu juga harus transparansi dan tercatat di hariannya yang terpampang di posko gugus tugas,” papar Endang.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Subang, H Kusman Yuhana Natasaputra, mengonfirmasi adanya permintaan bantuan APD dan masker yang dilakukan instansinya kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Subang.

Namun, pihaknya belum bersedia mengungkap dan memerinci perusahaan mana saja yang telah menyumbang bantuan maupun nilai atau jumlah bantuannya.

“Siap nanti saya na lagi penanganan mogok masal pekerja buruh di cipeundeuy,” ucapnya singkat.