Beranda Ekonomi 807 KK Warga Desa Cinangsi Dapat BLT Covid-19 Dari Kemensos, Per KK...

807 KK Warga Desa Cinangsi Dapat BLT Covid-19 Dari Kemensos, Per KK Rp600.000

Jabarpress.com, Subang-Pemdes Cinangsi Kecamatan Cibogo menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI kepada sebanyak 807 Keluarga Penerima Manpaat (KPM), Rabu (13/5/2020).

Kegiatan dihadiri muspika Kecamatan Cibogo, bhabinkamtibmas Polri, babinsa TNI AD, serta jajaran Pemerintahan Desa, BPD, LPM, dan RT/RW.

Camat Cibogo Sri Novia menyebut, kuota BLT Kemensos yang disalurkan ke Desa Cinangsi sebanyak 807 Keluarga Penerima Manpaat (KPM).

“Nilai bantuannya Rp600.000 per KPM selama 3 bulan, diharapkan bantuan ini betul-betul bisa bermanpaat bagi warga yang terdampak covid 19,” ujarnya.

Sri juga berharap masyarakat harus take and give dan saling menerima saling memberi.

“Artinya mereka menerima bantuan pemerintah, dan mereka sendiri memberikan kepada Pemerintah, yakni memenuhi aturan pemerintah dengan diam di rumah, jauhi kerumunan banyak orang, jangan keluar rumah kalau memang tidak darurat sekali, serta wajib masker guna untuk memutus mata rantai covid 19. Bantuan BLT Kemensos ini dilakukan perdana di Desa Cinangsi dan selanjutnya akan dilakukan di delapan desa se-Kecamatan Cibogo selama tiga hari untuk pelaksanaannya yaitu Kamis, Jumat, dan Sabtu mendatang,” papar Sri kepada Jabarpress.com.

Pjs Kades Cinangsi Kecamatan Cibogo Hj. Nining Ratnaningsih menjelaskan, bantuan BLT dari pemerintah pusat melalui Kemensos ke keluarga penerima manpaat (KPM) sebesar Rp600.000 per KPM selama tiga bulan.

“Semoga di tengah pandemik Covid 19 ini, bantuan tersebut bisa bermanpaat untuk warga terdampak yang kehilangan mata pencahariannya apa lagi warga yang bekerja secara serabutan. Dengan bantuan BLT Kemensos ini mereka sangat terbantu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Warga yang menerima ini adalah warga yang non PKH, BLT Dana Desa, Non BPNT, dan non Banprop, jangan sampai ada warga yang menerima bantuan secara tumpang tindih, sementara bantuan yang datang baik dari Pemerintah pusat maupun Propinsi itu data sudah ada dari pusat, sementara pemdes hanya monitor dan mendampingi dikhawatirkan ada yang menerima bantuan doble,” katanya.

Dirinya berharap, warga yang menerima bantuan doble agar memiliki kesadaran untuk diberikan kepada warga atau KPM yang belum menerima bantuan dari pihak manapun, yakni mereka yang belum dapat bantuan sama sekali.

“Saya harap kesadarannya agar mereka bisa memberikan kepada yang lain,” tegas Hj Nining.

Hada, 75 tahun, warga RT 03 Desa Cinangsi Kecamatan Cibogo mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat melalui Pemcam Cibogo atas bantuan BLT Kemensos ini.

“Juga terimakasih kepada Bu Kades yang telah memberikan bantuan kepada saya sehingga dengan bantuan ini dapat mengurangi beban kehidupan keluarga kami. Diharapkan semoga wabah virus korona ini cepat berlalu,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)