Beranda Ekonomi 106 Warga Desa Cirangkong Dapat BLT Dana Desa

106 Warga Desa Cirangkong Dapat BLT Dana Desa

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Pemdes Cirangkong Kecamatan Cijambe membagikan Bantuan Langsung Tunai atau BLT yang bersumber dari anggaran Dana Desa.

BLT DD yang alokasinya sebesar 30% dari total Dana Desa yang diterima Pemdes Cirangkong ini, dibagikan ke 106 KK terdampak covid 19, Jumat (8/5/2020).

Kegiatan melibatkan bhabinkamtibmas Polri dan babinsa TNI AD, serta lembaga kemasyarakatan BPD, LPM, tokoh Pemuda, tokoh masyarakat serta tim relawan Covid 19 Desa Cirangkong.

Kepala Desa Cirangkong Kecamatan Cijambe, Asep Sutia menyebutkan, sebelum mengeluarkan bantuan BLT pihak pemdes melakukan pendataan terlebih dahulu kepada warga penerima manpaat yang layak menerima bantuan BLT DD sesuai dengan aturan.

“Adapun kriteria warga penerima BLT DD ini tidak boleh dobel yakni warga yang non PKH, BPNT, dan Banprop,” ucapnya.

Sementara untuk banprop Jabar, Pemdes Cirangkong hanya sekedar monitoring atau mendampingi.

“Jangan sampai warga menerima bantuan dobel, atau tumpang tindih menerima dua bantuan sekaligus, sedangkan BLT DD untuk 106 keluarga penerima manpaat KPM itu hasil penyaringan, sementara yang datang 95 kk dan 11 KK kita datangi ke rumahnya masing-masing,” imbuhnya.

Pihaknya berharap dengan adanya covid 19 ini, bisa mengambil hikmahnya, dan memberikan motipasi terhadap masyarakat untuk bisa membantu warga.

“Ahamdulillah relawan Desa Cirangkong sudah mengumpulkan 5 kwintal beras ditambah Pemdes Cirangkong 2 kwintal setengah untuk disalurkan kepada warga terdampak covid 19,” kata Asep.

Sekdes Cirangkong Muslim menjelaskan, bantuan BLT dari Dana Desa untuk penerima manpaat sebanyak 106 Keluarga penerima manpaat (KPM ) itu 30% dari pagu anggaran yang diterima.

“Sementara teknis pelaksanaan kita salurkankan perbulan sebesar Rp600 ribu selama tiga bulan,” imbuhnya.

Pihaknya berharap BLT ini bermanpaat dan bisa mengurangi beban warga yang terdampak covid 19.

“Ini sebagai motipasi kepada warga masyarakat untuk peduli, alhamdulilah relawan covid 19 desa cirangkong secara pribadi sudah mengumpulkan 5 kintal beras untuk disalurkan kepada warga penerima manpaat, serta akan dibagikan setelah hari raya idul pitri,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)

BERBAGI