Beranda Daerah Warga Subang Positif Korona Bertambah Lagi Jadi 27 Orang Pasca PSBB, 100...

Warga Subang Positif Korona Bertambah Lagi Jadi 27 Orang Pasca PSBB, 100 Orang Langsung Dites Rapid

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Di hari pertama berlakunya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, Rabu (6/5/2020) jumlah warga Subang yang positif korona covid-19 kembali bertambah 8 orang, menjadi total sebanyak 27 orang dari sebelumnya 19 orang.

Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Kabupaten Subang, dr Nunung Suhaeri, mengungkapkan, penambahan 8 kasus positif ini terdiri dari 6 orang asal Kecamatan Kasomalang, 1 orang asal Kecamatan Legonkulon dan 1 lagi asal Kecamatan Cipunagara.

Dengan penambahan 8 orang itu, jumlah total positif covid-19 di Subang menjadi 27 orang, terdiri dari 2 orang meninggal, 3 orang sembuh dan 22 orang dalam perawatan intensif serta diisolasi.

“Untuk yang terbaru ada 8 orang, diantaranya 6 dari satu kecamatan hingga langsung bergerak cepat mengevakuasi warga Kasomalang yang positif Covid-19 tersebut dan 2 orang lainnya dari Legonkulon dan Cipunagara,” ujar Jubir TGTPP Covid-19, dr. H. Nunung Suhaeri, saat konprensi pers di posko TGTPP Subang, Rabu (6/5/2020).

Hal ini diketahui setelah hasil tes swab keluar kemarin (5/5/2020) sore. Kasus tersebut sekaligus menunjukkan telah terjadi penularan (transmisi) lokal dari warga Subang positif covid-19 ke orang di sekitarnya.

Tak hanya mengevakuasi, hari ini pun langsung dilakukan rapid test kepada 100 orang yang kontak erat dengan 8 orang positif covid-19 tersebut.

“Sebanyak 8 orang yang positif tersebut berdasarkan hasil swab yang dilakukan pada 29 April. Hasilnya baru kita terima sore kemarin jam 6,” jelasnya.

Mengenai penambahan kasus positif ini, lanjut Nunung, tidak ada kaitannya dengan PSBB. Mengingat hasil swab-nya lama, tapi baru diterima berdekatan dengan pelaksanaan PSBB yang mulai digelar Rabu.

Ke 8 orang postif Covid -19 langsung dirawat di ruang isolasi RSUD Subang untuk mendapatkan penanganan medis. Bahkan pihak rumah sakit telah menambah ruangan guna mengantisipasi penambahan karena hasil tes Swab di bulan April masih belum semua keluar hasilnya.

Nunung menjelaskan, yang positif swab tersebut sebelumnya tercatat positif rapid tes. Dia menuturkan, sebagai tindak lanjut pihak Dinas Kesehatan langsung melakukan pemeriksaan rapid tes massal kepada mereka yang ada riwayat kontak dengan 8 orang yang positif swab.

Sementara itu, saat ini pasien positif Covid-19 yang di RSUD Subang sebanyak 17 orang dan 5 orang melakukan isolasi mandiri.

BERBAGI