Beranda Ekonomi 145 Warga Sadawarna Dapat BLT Dana Desa

145 Warga Sadawarna Dapat BLT Dana Desa

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Pemdes Sadawarna Kecamatan Cibogo membagikan bantuan langsung tunai bersumber dari Dana Desa atau BLT DD, Selasa (5/5/2020).

Pembagian BLT DD yang disalurkan kepada 145 warga terdampak covid-19 ini dihadiri Camat Cibogo Sri Novia, bhabinkamtibmas Polri dan babinsa TNI AD serta jajaran Pemdes Sadawarna.

Kepala Desa Sadawarna Kecamatan Cibogo Juhedi Rudiawan mengatakan, warga yang mendapatkan bantuan BLT DD tersebut adalah warga yang tidak masuk sebagai penerima PKH, BPNT, Banprop dan kartu prakerja.

“Mereka akan menerima BLT Dana Desa selama 3 bulan,” ujar Juhedi kepada Jabarpress.com.

Alokasi BLT diambil dari Dana Desa (DD) sebesar 30% dari total DD yang diterima desa.

Sedangkan yang menerima bantuan propinsi, kriterianya adalah data yang sudah terdeteksi oleh pemerintah propinsi berupa data terpadu kesejahtraan sosial (DTKS) dari pusat. Soal bansos pemprov itu, Pemdes sendiri tidak mengetahui data yang masuk dan yang layak terima, karena bantuan tersebut datang langsung dari kantor pos melalui ojol, sementara kami selaku Pemdes Sadawarna hanya mendampingi, dan jangan sampai ada data yang ganda atau doble, atau tumpang tindih,” papar Juhedi.

Ketua BPD Desa Sadawarana, Ir Jazuli, menjelaskan, kriteria warga penerima manpaat BLT ini adalah warga yang tidak pernah terima bantuan dari PKH, BPNT dan bansos pemprop.

“Dengan adanya bantuan BLT, Bansos pemprop dan bantuan dari Pemerintah Kabupaten untuk warga terdampak covid 19 ini semoga dapat meringankan beban warga yang kehilangan pekerjaannya, atau warga yang kehilangan mata pencahariannya. Diharapkan covid 19 ini cepat berlalu,” imbuhnya.

Penerima manpaat, Sarsinah, 65 tahun, warga Cikareo RT 17 RW 09 mengaku senang dapat bantuan BLT.

“Saya terimakasih kepada Pemerintah pusat melalui Pemdes Sadawarna yang telah memberikan batuan BLT kepada kami selama 3 bulan, alhamdulillah sehingga bisa mengurangi beban kami, tidak terlepas peran serta Kepala desa yang telah memperjuangkan kami sebagai warganya terima kasih,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)

BERBAGI