Beranda Daerah Muspika Pusakanagara Sosialisasikan PSBB ke Warga, Polsek: Pelanggar PSBB akan Kami Catat!

Muspika Pusakanagara Sosialisasikan PSBB ke Warga, Polsek: Pelanggar PSBB akan Kami Catat!

Jabarpress.com, Subang-Muspika Kecamatan Pusakanagara mensosialisasikan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB yang akan dimulai efektif Rabu (6/5/2020).

Kebijakan PSBB diberlakukan untuk mencegah penyebaran wabah virus korona covid-19.

Sosialisasi PSBB kepada warga yang berlangsung Senin (4/5/2020) dipimpin Camat Pusakanagara M Rudi dan turut dihadiri oleh Kanit Intel Polsek Pusakanagara Iptu H RA Gani, Danramil Pusakanagara, Kepala UPTD Puskesmas Pusakanagara, Kepala KUA, para kepala desa serta para babinsa se-Kecamatan Pusakanagara.

Dalam sosialisasi tersebut, muspika memberitahu warga tentang hal-hal yang dilarang dan dibolehkan selama waktu berlangsungnya PSBB.

Camat Pusakanagara M Rudi menghimbau para kepala desa untuk segera mensosialisasikan PSBB kepada masyarakat untuk mencegah dan memutus penyebaran pademik covid 19.

“Ketika sudah diberlakukan PSBB maka saya harapkan kepada para DKM untuk melaksanakan solat taraweh di rumah masing-masing, dan tidak boleh berkerumun lebih dari lima orang dan bagi pendatang dari zona merah baiknya disuruh kembali lagi ke daerah asalnya karena untuk menjaga penyebaran covid 19,” ujar Rudi.

Kanit Intel Polsek Pusakanagara, Iptu H Gani, mengungkapkan, pemberlakuan PSBB dimulai Rabu depan (6/5/2020) selama 14 hari kedepan.

Pihaknya berharap warga mematuhi anjuran pemerintah untuk selalu diam di rumah.

“Untuk sangsi yang melanggar PSBB hanya dicatat oleh petugas dan berkasnya diserahkan ke kepolisian lewat intel dan nantinya buat catatan pembikinan SKCK,” paparnya.

Dia menerangkan sejumlah aturan selama berlaku masa PSBB, diantaranya, tidak boleh ngumpul-ngumpul lebih dari lima orang, tidak boleh berboncengan bagi warga yang mengendarai kendaraan roda dua dan bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan roda empat harus lima puluh persen dari kapasitas penumpang.

“Jika melanggar, akan kami catat untuk nantinya diserahkan ke bagian intel,” katanya.

Selanjutnya, melalui Pos Pengamanan Sewoharjo Polsek Pusakanagara check point covid 19, pihaknya terus melakukan pemeriksaan kendaraan baik roda dua maupun empat dari arah Jakarta menuju Jawa.

Selain pemeriksaan surat-surat kendaraan bermotor juga harus menunjukan identitas diri (KTP). Hal tersebut sesuai dengan himbauan pemerintah tentang larangan mudik.

“Bagi kendaraan dari jakarta menuju jawa, kami sarankan untuk kembali lagi ke jakarta. Untuk jelang diberlakukannya PSBB di Kabupaten Subang kami dari jajaran kepolisian Polsek Pusakanagara bersama Muspika sudah siap untuk melakukan pengamanan,” pungkasnya.

(Asep H Ocay)