Beranda Daerah Warga Subang Positif Covid-19 Versi Tes Rapid Bertambah Jadi 20 Orang

Warga Subang Positif Covid-19 Versi Tes Rapid Bertambah Jadi 20 Orang

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Subang, dr. Maxi mengungkapkan adanya penambahan tiga Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang positif berdasarkan hasil rapid tes massal kedua. Sehingga jumlah ODP positif bertambah menjadi 20 orang dari sebelumnya 17 orang.

Tiga ODP tersebut mengikuti rapid tes susulan, karena tidak bisa mengikuti pada saat jadwal yang telah ditentukan di 40 Puskesmas di Kabupaten Subang.

“Dari 20 ODP yang hasil rapid tesnya positif, hari ini kami bersama RSUD Subang akan membahas mengenai waktu pelaksanaan tes swab. Sementara ini semua ODP yang dinyatakan rapid tesnya positif telah diisolasi mandiri di rumahnya masing-masing dengan menganjurkan mengisolasi diri selama 14 hari dengan pengawasan pemerintahan setempat,” ungkapnya dalam konferensi pers di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Subang, Jumat (24/4/2020) sekitar pukul 14.00 WIB.

Untuk mencegah penularan yang lebih masif, pihaknya kini selangkah lebih cepat untuk melakukan tracing bagi siapapun yang kontak langsung dengan ODP yang hasilnya dinyatakan positif.

“Jadi berbeda, kalau sebelumnya kan kita melakukan tracing itu setelah hasil swab keluar. Kalau sekarang tidak, setelah ODP dinyatakan rapid tesnya positif, kita bergerak tracing kepada siapa saja yang melakukan kontak langsung dengan yang bersangkutan,” jelasnya.

Kabar baiknya, sebut dia, sudah 4 hari bertahan Subang masih di angka 18 yang positif. Saat ini 16 yang positif Covid kondisinya sehat, sementara 2 orang meninggal dunia.

“Saat ini ada 9 orang dirawat di RSUD Subang, 1 orang di Rumah sakit di Purwakarta, 1 orang di rumah sakit Bandung, dan 5 orang tetap menjalankan isolasi mandiri dengan penjagaan yang ketat,” paparnya.

“Kami pun sudah mengirim 13 orang positif covid-19 hasil tes Swab kedua. Namun dari yang 13 itu, diambil sampel 5 orang hasil tes swab yang sama artinya dibuat double kemudian kami kirim ke Labkesda Bandung dan Balai veteriner yang ada di daerah, dengan tujuan uji coba sebelum direkomendasi oleh Kementerian Kesehatan,” tuturnya.

Untuk info per hari ini, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah 4 orang menjadi totalnya 32 orang dari sebelumnya 28 orang, dimana 19 diantaranya sudah selesai dan 5 lainnya meninggal.

“Untuk ODP sampai hari tinggal 960 orang dari sebelumnya 4.451 orang, selesai pemantauan 3.491 orang. Sementara 1 ODP sebelumnya meninggal dunia,” pungkasnya.

BERBAGI