Beranda Nasional Pakar Imunologi: Puasa Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Pakar Imunologi: Puasa Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

BERBAGI

Jabarpress.com, Jakarta-Mulai Jum’at (24/4/2020) besok, Umat Muslim menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1441 H. Puasa memiliki banyak sekali manfaat, termasuk di bidang kesehatan, diantaranya, menurut para ahli, bisa meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas seseorang dalam menghadapi penyakit.

Dilansir laman Detikcom, sistem kekebalan tubuh yang baik diketahui dapat menjaga seseorang terhindar dari virus Corona COVID-19. Memasuki bulan Ramadan, banyak ahli mengatakan puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Prof Dr dr Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM, seorang pakar imunologi dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), membenarkan bahwa puasa dapat meningkatkan imun tubuh.

“Dengan catatan kalau kita berpuasa dengan baik. Artinya tidur cukup, makan cukup, minum cukup, istirahat cukup, tidak stres, olahraga cukup, dan tentu diam di rumah tentunya,” jelas Prof Iris, Kamis (23/4/2020), dilansir Detikcom.

Menjalankan ibadah puasa, menurut Prof Iris, menjadi waktu yang tepat memperbaiki fungsi tubuh dan mengeluarkan racun yang ada di dalamnya. Terlebih di tengah pandemi Corona, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Namun ia mengingatkan untuk tetap menjaga makanan yang bergizi selama puasa agar proses detoks berjalan baik.

“Jangan makanan terlalu banyak lemak, lalu makanan terlalu banyak gorengan yang akan merusak tubuh. Buka dan sahurnya, juga diawasi, jadi jangan pas buka balas dendam (makan banyak). Tetap makanan gizi seimbang,” lanjutnya.

Namun hal yang paling penting dalam menjaga imunitas tubuh agar terhindar dari virus Corona adalah dengan tetap tinggal di rumah. Hal ini demi memutus mata rantai penyebarannya.

“Syaratnya balik lagi stay at home, kenapa syaratnya itu? Supaya tidak ada penularan. Jangankan orang berpuasa, orang nggak berpuasa aja mudah menularkan,” pungkasnya.

BERBAGI