Beranda Hukum Pemdes Gunungsari Pantau Pemudik ‘Zona Merah’, Kadinkes: Minggu Depan Digelar Rapid Tes...

Pemdes Gunungsari Pantau Pemudik ‘Zona Merah’, Kadinkes: Minggu Depan Digelar Rapid Tes Covid-19 Lanjutan

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Untuk menekan resiko menyebarnya wabah virus korona covid-19, Pemdes Gunungsari Kecamatan Pagaden terus mendata dan memantau warganya yang baru datang merantau di daerah zona merah (redzone).

“Di kita ada 26 ODP (Orang Dalam Pemantauan), mereka kerja di zona-zona merah seperti Jakarta, Bandung, Bogor, bahkan ada juga yang kerja di luar negeri. Mereka kita data dan pantau perkembangannya,” ujar Kepala Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden, H Tatang Sugiwa, didampingi Sekdes Ust Hidayat, kepada Jabarpress.com, Kamis (16/4/2020).

BACA JUGA: Menikmati Nasi Timbel Enak di Pinggir Masjid Berbentuk Ka’bah

Pihaknya juga gencar melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke setiap kampung dan fasilitas umum, serta melakukan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat dengan cara selalu mencuci tangan, menghindari kerumunan massa serta kalau bepergian pakai masker.

Selain itu, pihaknya juga sosialisasi bersama Puskesmas Pagaden untuk mempersiapkan pelaksanaan tes rapid yang kedua bagi warga ODP.

“Kita tengah persiapkan tes rapid kedua untuk ODP. Pada tes rapid pertama, baru 3 ODP yang ikut dan alhamdulillah hasilnya negatif. Untuk ODP lainnya yang belum tes rapid, silakan ikut tes gelombang kedua. Saat ini, setiap warga yang baru datang dari perantauan, kami sarankan agar langsung diperiksa kesehatannya ke puskesmas dan disarankan jangan keluar rumah dulu selama 14 hari kedepan,” tegas Kades Otay, sapaan akrabnya.

Pemkab Subang Gelar Tes Rapid Lanjutan Minggu Depan

Sementara itu, Pemkab Subang akan kembali melakukan rapid test massal lanjutan / tahap kedua pada pekan depan. Rapid test ini untuk mengidentifikasi warga yang dikhawatirkan memiliki gejala dengan corona. Sehingga pencegahan dini penyebaran virus corona bisa terpantau.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Subang, yang juga Kepala Dinkes Subang, Nunung Suhaeri mengatakan, pelaksanaan Rapid Test massal kedua kemungkinan besar akan dilakukan pada pekan depan.

“Kami akan melaksanakan rapid test massal kedua pada minggu depan, insyaallah sedang kami siapkan segala sesuatu berhubungan itu,” ujar Nunung dalam konperensi pers terbatas di Kantor Bupati Subang, Kamis (16/4/2020).

Tes rapid kedua akan dilakukan di masing-masing Puskesmas yang ada di Kabupaten Subang dan akan memprioritaskan mereka berstatus ODP dan yang memiliki riwayat pernah kontak dengan orang terduga corona.

“Kami akan laksanakan di wilayah kerja puskesmas masing-masing. berapa orangnya tergantung jumlah odp atau orang-orang yang ada kontak erat dengan yang sekarang, itu kemungkinan minggu depan,” terangnya.

Berbeda dengan Rapid Test pada tahap pertama, dengan target 2000 orang, pada tahap kedua ini, mereka tidak menargetkan jumlah yang akan dilakukan rapid test itu.

“Kami sebenarnya tidak ada target tertentu, karena sasaran rapid test ini ODP, dalam artian dia dengan gejala, ada kontak erat dengan orang terduga covid itu yang kita utamakan. Kemudian untuk pasien PDP, semua pasian yang dirawat terkait covid di rumah sakit pasti akan dilakukan Rapid Test,” jelasnya.

Data hingga Kamis (16/4/2020) jumlah ODP di Subang sebanyak 4.373 orang. Sebanyak 3350 orang dinyatakan selesai, sementara sisanya atau sebanyak 1023 orang masih dalam proses.

(Asep H Ocay)

BERBAGI