Beranda Warta Desa Dihadiri Camat dan Kapolsek, Pemdes Padaasih Bagikan Ribuan Masker Cegah Korona

Dihadiri Camat dan Kapolsek, Pemdes Padaasih Bagikan Ribuan Masker Cegah Korona

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Pemdes Padaasih Kecamatan Cibogo membagikan 1.200 pcs masker kepada warga untuk mencegah penyebaran wabah korona covid 19, Kamis (16/4/2020).

Pembagian masker yang dibarengi dengan kegiatan penyemprotan disinfektan yang keenam kalinya ini, dihadiri langsung oleh Camat Cibogo Sri Novia, Kapolsek Cibogo Iptu Asep Rahmat, perwakilan Koramil TNI, Bhabinkamtibmas Polri Aiptu I Ketut Sugiana, Babinsa TNI AD Serda Dindin serta unsur kelembagaan desa, seperti BPD, LPM, tokoh masyarakat, Karang Taruna, dan lainnya.

Kades Padaasih Kecamatan Cibogo, Nana Suryana mengatakan, pihaknya membagikan masker gratis sebanyak 1.200 Pcs untuk warga terdampak covid 19. Pihaknya juga menggelar penyemprotan disinfektan massal yang keenam kali.

“Hal ini adalah untuk antisipasi menyebarnya corona virus atau covid 19 yang menyebar di mana-mana. Diimbau kepada warga Desa Padaasih agar jauhi kerumunan massa, jaga jarak, terutama warga yang ODP pulang dari rantau agar cepat melapor kepada RT dan RW, atau ke kantor desa serta chek up ke Puskesmas terdekat, dan mengisolasi diri di rumah masing-masing guna memutus mata rantai covid 19. Juga diharapkan kepada warga pemudik yang sedang ada di luar kota, agar ditunda dulu mudiknya untuk sementara, jangan dulu mudik pulang ke kampung halaman, sayangi keluarga dan anak istri serta saudara guna mencegah penyebaran covid 19,” papar Nana kepada Jabarpress.com.

Camat Cibogo Sri Novia mengapresiasi Pemdes Padaasih tentang kegiatan-kegiatan penyemprotan disinfektan massal dan pembagian masker gratis.

“Silahkan desa-desa lakukan edukasi tentang pencegahan covid 19 agar warga lebih memahami. Juga diimbau kepada masyarakat, kita bukan menjauhi warga yang ODP, akan tetapi kita jauhi penyakitnya, edukasi yang paling penting adalah ke masyarakatnya, kita tingkatkan kewaspadaan dan jangan dikucilkan, artinya edukasi ke masyarakat, jangan sampai warga yang ODP itu merasa dikucilkan, kita harus bergotong royong serta apabila ada warga ODP, ada gejala plu batuk dan demam, itu harus cek up ke puskesmas terdekat serta diisolasi secara mandiri selama 14 hari dan itu menjadi tanggungjawab Pemdes Padaasih agar mereka tidak merasa kekurangan dalam kebutuhan hidupnya,” tutur Camat Sri.

Pihaknya berharap warga yang pulang mudik dari luar kota atau dari luar negeri agar segera lapor kepada RT dan RW atau ke kantor desa. Pihaknya juga sudah membentuk struktur tim relawan covid 19 di seluruh desa yang ada di Kecamatan Cibogo.

Kapolsek Cibogo Iptu Asep Rahmat, menjelaskan, sesuai dengan maklumat Kapolri, mempertimbangkan situasi nasional terkait dengan cepatnya penyebaran covid 19, maka pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dalam rangka penanganan secara baik, cepat dan tepat, agar penyebarannya tidak meluas dan berkembang menjadi gangguan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat.

Diimbau kepada warga agar tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak, baik di tempat umum maupun di tempat sendiri, yakni pertemuan sosial budaya, keagamaan, dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, dan kegiatan lainnya yang mengumpulkan massa banyak, tetap tenang, dan tidak panik, serta lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dengan selalu mengikuti informasi dan imbauan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

“Dan mohon jauhi kerumunan-kerumunan yang sipatnya banyak orang, jaga jarak, biasakan prilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan pake sabun dengan air mengalir, guna antisipasi serta memutus mata rantai covid 19,” pungkas Kapolsek kepada Jabarpress.com.

(Ajat Sudrajat)

BERBAGI