Beranda Daerah Berdayakan Ekonomi Kecil, BUMP Ponpes Darul Falah Tampung Masker Bikinan Warga

Berdayakan Ekonomi Kecil, BUMP Ponpes Darul Falah Tampung Masker Bikinan Warga

Jabarpress.com, Subang-Omzet produksi masker di Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP) Ponpes Darul Falah Desa Cimanggu Kecamatan Cisalak memang terus meningkat walaupun kini terkena imbas korona, pasalnya para santri yang biasa terlibat pengerjaan masker sebagian telah pulang kampung.

Hal itu diungkap Kyai Ridwan pimpinan Ponpes Darul Falah bahwa strategi saat ini dengan menampung produksi masker rumahan warga.

“Produksi masker oleh santri kita hentikan dulu karena terkendala libur, dan sebagian tetap bekerja untuk meneruskan jahitan masker sisa produksi yang tak terkejar waktunya, prinsipnya kalau santri untuk nambah uang jajan biaya hidup mereka juga di pondok,” ungkapnya.

Menurut dia karena permintaan pengadaan masker tak terkejar, BUMP Ponpes Darul Falah menampung masker rumahan yang diproduksi warga, dibeli dengan harga standar.

“Kita menampung masker buatan warga sekitar, konveksi yang nyaris gulung tikar juga kita kasih objekan bikin masker, dimodali atau produknya dibeli oleh kita dengan harga layak,” imbuhnya.

BUMP Ponpes Darul Falah Ingin Bebaskan Warga Dari Kehidupan Riba & Rentenir

Soal keuntungan sebenarnya tidak seberapa, menurut Ridwan faktor tolong menolong dan keberkahanlah yang menjadi motif dirinya membawa BUMP terjun langsung memberdayakan ekonomi masyarakat.

“Berkah mah dilancarkan usaha, untung sedikit tapi manjang, 90% dari perdagangan rezeki itu kata Rasulullah SAW keuntungannya buat kita-kita juga,” katanya.

BUMP Darul Falah selain menampung masker buatan warga mulai menjajagi kerjasama pengadaan hasil bumi, Kyai Ridwan mengatakan, “ingin masyarakat untung, dijauhkan dari riba, rentenir, bank riba, bank emok, supaya kehidupan mereka barokah, nilai religiusnya dikawal pondok pesantren melalui BUMP,” pungkasnya.