Beranda Daerah Pemkab Subang Impor 1.800 Alat Tes Rapid dari China, APD Habiskan Dana...

Pemkab Subang Impor 1.800 Alat Tes Rapid dari China, APD Habiskan Dana Rp2,5 M

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Subang, dr Nunung Suhaeri mengungkapkan, stok Alat Pelindung Diri (APD) yang dibutuhkan tenaga medis di RSUD Subang hingga seluruh Puskesmas masih aman hingga satu minggu kedepan.

Aggaran pembelian APD, sesuai yang diajukan oleh Dinkes Subang dan RSUD Subang sebesar Rp2,5 miliar kepada Pemkab Subang, kini sudah dicairkan semuanya.

“Sampai sekarang dana yang dipakai untuk penanganan covid-19 yang sudah teranggarkan dari dana tidak terduga itu sudah terpakai semua, tinggal alat rapid tesnya yang belum sekitar 1.800 stik karena masih nunggu alasan barang yang diimpor dari China,” ungkap Nunung yang juga Kadinkes Subang dalam konferensi persnya, Rabu siang (15/4/2020).

Dijelaskannya, untuk kebutuhan lainnya pihaknya sudah belanjakan untuk keperluan barang medis habis pakai dan APD. Semuanya sudah dibagikan ke RSUD dan Puskesmas sesuai porsinya.

“Dan di tengah menipisnya ketersediaan APD, karena barang habis pakai, alhamdulillah sejauh ini kita dapatkan bantuan-bantuan yang langsung ke rumah sakit maupun ke dinas kesehatan. Insyaallah sudah saya cek ke bagian logistik, misalnya APD di rumah sakit maupun puskesmas masih aman seminggu kedepan,” jelasnya.

Pihaknya sekarang sedang dalam proses pemesanan karena dana yang disediakan oleh pemda sudah bisa digunakan sekitar Rp9 Miliar lebih.

“Jadi yang Rp9 Miliar lebih itu nantinya untuk memenuhi kebutuhan di Dinas Kesehatan, rumah sakit dan puskesmas . Saat ini sedang proses pemesanan. Mudah-mudahan barang yang kita pesan ada di pasaran dan akan segera didistribusikan sesuai porsinya,” pungkasnya.

Sesuai data terkini, adapun info terupdate hingga sore ini, jumlah positif Corona di Subang 3 orang, ODP 1.355, dan PDP 2 orang.

BERBAGI