Beranda Warta Desa Pemdes Sumurbarang Perangi Korona, Kades: Biasakan Hidup Bersih dan Sehat!

Pemdes Sumurbarang Perangi Korona, Kades: Biasakan Hidup Bersih dan Sehat!

Jabarpress.com, Subang-Pemdes Sumurbarang Kecamatan Cibogo melakukan penyemprotan massal disinfektan untuk mencegah penyebaran wabah virus korona (covid-19).

Penyemprotan disinfektan yang digelar Senin (13/4/2020) ini melibatkan semua unsur desa, yakni jajaran pemdes, BPD, LPM, Karang Taruna, bhabinkamtibmas polri dan bhabinsa TNI AD serta para tokoh masyarakat.

Kepala Desa Sumurbarang Kecamatan Cibogo, Dadi Cahyadi menyampaikan, penyemprotan disinfektan massal dilakukan ke seluruh pemukiman warga secara bertahap, agar merata dan jangan sampai ada yang tertinggal.

“Penyemprotan harus merata agar mata rantai penyebaran virus terputus dan tidak menyebar ke mana- mana,” ujar Kades Dadi kepada Jabarpress.com.

Pihaknya mengimbau warga sesuai dengan surat edaran pemerintah agar menjauhi kerumunan massa yang sipatnya mengundang orang banyak, kurangi aktifitas di luar rumah, serta biasakan prilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan pake sabun dengan air mengalir,” paparnya.

Dia juga menyarankan, agar warga yang ODP Covid-19 setelah mengikuti rapid test di aula kantor Kecamatan Cibogo agar jangan keluyuran keluar rumah, dan harus berdiam diri di rumah masing-masing selama 14 hari untuk memutus mata rantai covid 19,” tegas Dadi.

Bhabinkamtibmas Polri Desa Sumurbarang Kecamatan Cibogo Brigadir Andri Sudrajat didampingi bhabinsa TNI AD Pelda Masyuri menjelaskan, sesuai maklumat yang disampaikan Kapolri bahwa mempertimbangkan situasi nasional terkait dengan cepatnya penyebaran covid 19, maka pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dalam rangka penanganan secara baik, cepat, dan tepat, agar penyebarannya tidak meluas, dan berkembang menjadi gangguan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat serta untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dan keselamatan rakyat.

“Kita menghimbau warga agar tenang, jangan panik, jauhi kerumunan massa, kurangi aktifitas di luar rumah dan tingkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dan wajib masker serta social distancing,” tegasnya.

Ketua BPD Desa Sumurbarang Cucu sekaligus Sekretaris Satgas covid 19 menjelaskan, Pemdes Sumurbarang melakukan penyemprotan disinfektan massal untuk pencegahan penyebaran covid 19, yang dilakukan door to door ke pemukiman warga.

“Diimbau kepada warga jangan panik, tetap waspada, jauhi kerumunan massa banyak, kurangi aktifitas diluar, dan biasakan berprilaku hidup bersih dan sehat. Semoga wabah cepat berlalu dan kehidupan kembali normal serta tidak ada warga yang terinfeksi,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)