Beranda Daerah 49 ODP Covid-19 Ikuti Rapid Test di Pusakanagara, Dr Randi: Perbanyak Makan...

49 ODP Covid-19 Ikuti Rapid Test di Pusakanagara, Dr Randi: Perbanyak Makan Sayuran, Istirahat Yang Cukup

Jabarpress.com, Subang-Sebanyak 49 Orang Dalam Pemantauan atau ODP Covid-19 di Kecamatan Pusakanagara mengikuti rapid test yang digelar oleh UPTD Puskesmas Pusakanagara di aula Kecamatan Pusakanagara, Rabu (8/4/2020).

“Ada 49 ODP Covid-19 yang ikut rapid tes. Tes ini untuk mengambil sempel darah yang selanjutnya diambil serum untuk diperiksa dengan memakai alat rapid. Untuk sementara ini kita baru bisa memeriksa 49 orang dulu yang masuk daftar ODP karena kita hanya dikasih jatah dari Dinas Kesehatan baru 50 orang yang harus diperiksa, karena ditakutkan ada penumpukan data,” ujar dr Randi dari Puskesmas Pusakanagara, kepada Jabarpress.com.

Dia menyebut, untuk rapid tes sendiri pihaknya mengambil sempel darah untuk diambil serumnya.

“Serum itu hasil dari pengendapan darah, baru setelah diambil serumnya kita menggunakan alat rapid di UPTD Puskesmas Pusakanagara. Kita punya sekitar 50 alat rapid tes yang didapat dari Dinas Kesehatan di gudang parmasi. Alat itu digunakan untuk orang-orang yang ODP yang baru datang di Pusakanagara kurang dari 14 hari,” paparnya.

Pihaknya akan mengumumkan hasil rapid tes sekitar 10 hari kedepan.

“Untuk hasilnya kita umumkan 10 hari setelah rapid test, karena kita laporkan ke Dinas Kesehatan, baru setelah itu kita kasih tahu kepada yang bersangkutan hasil pemeriksaannya,” ucap Randi.

Pihaknya mengimbau masyarakat harus menjaga kesehatan, pola hidup sehat dengan memperbanyak mengkonsumsi sayuran, dan istirahat tidur yang cukup minimal 6 sampai 8 jam.

“Kami pun dari tim medis mengharapkan kesadaran masyarakat apabila baru pulang dari daerah yang masuk redzone atau zona merah untuk segera memeriksa ke puskesmas atau melaporkan kedatangan mereka ke pihak desa. Walaupun di Subang baru satu yang positif di daerah Kalijati, tapi kan penyebaran virus bisa dimana-mana,” pungkasnya.

(Asep H Ocay)