Beranda Warta Desa Pemdes Cinangsi Kompak Semprot Disinfektan Cegah Korona, Hj Nining: Perantau Jangan Mudik...

Pemdes Cinangsi Kompak Semprot Disinfektan Cegah Korona, Hj Nining: Perantau Jangan Mudik Dulu!

Jabarpress.com, Subang-Jajaran Pemdes Cinangsi Kecamatan Cibogo kompak melakukan penyemprotan massal disinfektan untuk mencegah mewabahnya korona, Rabu (8/4/2020).

Penyemprotan melibatkan Bhabinkamtibmas Polri Aiptu Wawan Ridwan, Babinsa TNI AD Pelda Ojan, BPD, LPM, Kadus, Karang Taruna, RT dan RW.

Pjs Kepala Desa Cinangsi Kecamatan Cibogo Hj. Nining Ratnaningsih menyebut, penyemprotan disinfektan yang kedua ini untuk semakin mencegah penyebaran wabah korona (covid-19).

“Kita harus lebih berhati-hati dan menjaga kesehatan di lingkungan termasuk diri kita, keluarga, dan tetangga, agar terhindar dari wabah virus corona. Saat ini kita sudah berkumpul dari semua pihak yang akan melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan, secara relawan, kami butuh dorongan dan bantuan dari semua pihak untuk pencegahan penyebaran virus ini,” ujar Hj Nining kepada Jabarpress.com.

Pihaknya juga mengimbau para pemudik yang datang dari zona merah agar segera melapor ke RT dan RW atau ke Kantor Desa, dan ke UPTD Puskesmas terdekat.

“Dengan digelarnya penyemprotan diharapkan bisa memutus mata rantai virus corona. Diimbau kepada warga Desa Cinangsi yang mempunyai saudara atau kerabat di luar kota atau sedang merantau agar diberitahu jangan mudik dulu terutama yang berada di zona nerah agar dibatalkan saja sampai keadaan sudah kembali normal,” tegasnya.

Bhabinkamtibmas Polri Aiptu Wawan Ridwan didampingi Babinsa TNI AD Pelda Ojan menjelaskan, penyemprotan untuk mengantisifasi penyebaran wabah corona.

“Kami menghimbau sesuai dengan maklumat yang disampaikan oleh bapak Kapolri bahwa mempertimbangkan situasi nasional terkait dengan cepatnya penyebaran wabah covid 19 ini maka pemerintah telah mengeluarkan kebijakan, dalam rangka penanganan secara baik, tepat, dan cepat. Agar penyebaran tidak meluas dan berkembang menjadi gangguan terhadap keamanan dan ketertiban serta untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat,” katanya.

Pihaknya menghimbau kepada warga Desa Cinangsi, agar tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya masa dalam jumlah banyak, baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri, serta kegiatan-kegiatan yang sipatnya menimbulkan banyaknya kerumunan-kerumunan masa.

“Itu harus dihentikan untuk sementara, kurangi aktifitas di luar rumah, dan disarankan untuk menjaga jarak dan wajib mengikuti prosedur pemerintah yang sudah ditentukan terkait pencegahan penyebaran covid 19. Warga juga jangan panik, akan tetapi kita tetap waspada, serta membiasakan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)