Beranda Warta Desa Perangi Korona, Pemdes Cinangsi Giatkan Penyemprotan Massal Disinfektan

Perangi Korona, Pemdes Cinangsi Giatkan Penyemprotan Massal Disinfektan

Jabarpress.com, Subang-Untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran wabah virus korona atau Covid-19, Pemdes Cinangsi Kecamatan Cibogo menggalakkan penyemprotan massal disinfektan.

Rencananya, penyemprotan yang kedua kalinya akan dilakukan Rabu besok (8/4/2020) melibatkan warga, Babinkamtibmas polri, Babinsa TNI AD serta seluruh unsur desa, mulai dari BPD, LPM, Karang Taruna, Kepala Dusun serta RT/RW.

Pjs Kepala Desa Cinangsi Kecamatan Cibogo Hj Nining Ratnaningsih, mengatakan, langkah awal jelang satu bulan bekerja, pihaknya melakukan pembenahan administrasi di lingkup Pemdes Cinangsi serta melakukan perubahan struktur organisasi di lingkup pemerintahan desa.

Terkait pencegahan wabah covid-19, pihaknya mengadakan rapat internal untuk membentuk Satgas covid 19 di tingkat Desa Cinangsi yang di dalamnya melibatkan semua unsur jajaran Pemdes Cinangsi dan lembaga kemasyarakatan.

“Kemudian kita melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan massal yang pertama dilakukan 2 hari kerja saya sebagai Pjs Kades Cinangsi, dimana kita serempak melakukan penyemprotan disinfektan di setiap RT dan RW. Kita juga melakukan wawar dan pemasangan pamlet baligo, bahkan pemancingan ikan yang biasanya ramai, untuk sementara distop dulu dan tidak boleh mengadakan aktifitas yang sipatnya memancing adanya kerumunan massa,” ujar Hj Nining kepada Jabarpress.com.

Saat ini, pihaknya sedang mempersiapkan kegiatan penyemprotan disinfektan massal yang kedua kalinya, dilakukan secara serentak guna mengantisifasi penyebaran corona virus atau covid 19.

“Rencananya kalau tidak ada halangan akan dilakukan Rabu besok,” ucapnya.

Sekdes Cinangsi Sri Pujiyanti menjelaskan, penyemprotan disinfektan massal dilakukan yang kedua kalinya. Penyemprotan akan dilakukan secara serentak.

“Tapi kalau tidak terjangkau dalam 1 hari akan dilakukan lagi besok lusanya,” imbuh Sri.

Penyemprotan akan dilakukan oleh orang yang sama menggunakan steam dan masuk ke gang-gang kecil sampai merata ke rumah-rumah penduduk.

“Pelaksanaan penyemprotan steam dilakukan di jalan kabupaten, gang-gang, hingga rumah warga,” papar Sekdes Sri.

Hingga kini, jumlah ODP atau Orang Dalam Pemantauan Covid-19 di Desa Cinangsi sebanyak 16 orang dan berada dalam proses isolasi di rumah masing-masing dengan cara mengurung diri selama 14 hari setelah chek up ke Puskesmas terdekat.

“Kita imbau warga agar bisa mengerti dalam situasi sekarang ini, salah satu contoh tidak keluar rumah, jauhi kerumunan-kerumunan, kurangi aktifitas di luar rumah dan berprilaku hidup bersih dan sehat. Jangan berkumpul lebih dari dari 5 orang, biasakan pola hidup sehat, guna untuk memutuskan mata rantai covid 19. Juga diimbau kepada warga yang ada di luar kota untuk sementara jangan dulu mudik atau pulang ke kampung halaman,” tutur sekdes cantik ini.

Humas Satgas Covid 19 Desa Cinangsi, Aceng Sambas menambahkan, teknis penyemprotan massal dilakukan per satu RW secara bertahap guna pemerataan di lingkup RT dan RW masing-masing.

“Untuk penyemprotan kedua ini dilakukan selain jalan lingkungan, kita masuk gang-gang kecil serta ke pemukiman warga secara merata, jangan sampai ada yang tertinggal, diharapkan kita berupaya terus untuk pencegahan menyebarnya wabah. Tidak terlepas kami butuh dukungan dari semua pihak, khususnya warga Desa Cinangsi agar peduli terhadap bahaya wabah virus korona, sesuai dengan surat edaran pemerintah yang sudah ditentukan,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)