Beranda Daerah Ponpes Darul Falah Banjir Pesanan Masker Dampak Korona

Ponpes Darul Falah Banjir Pesanan Masker Dampak Korona

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Permintaan masyarakat terhadap masker produk Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP) Ponpes Darul Falah Desa Cimanggu Kecamatan Cisalak terus meningkat imbas wabah korona.

Pimpinan Pondok Pesantren Darul Falah Cisalak Ustadz Ridwan Hartiwan, mengatakan, awalnya para santri membuat masker untuk dibagikan kepada masyarakat, wartawan, petugas penyemprot desinfektan, dan anggota TNI/Polri, sebagai bentuk kepedulian Ponpes Darul Falah.

Namun belakangan permintaan masker tersebut terus berdatangan ke Pondok Pesantren Darul Falah.

“Alhamdulillah, permintaan akan masker itu, sudah mulai berdatangan ke sini. Awalnya kita membuat masker itu untuk melindungi para santri dari wabah virus corona, dan warga masyarakat sekitar Ponpes. Masker yang sudah kita bagikan ke masyarakat sebanyak 500 pcs,” ujar Ustadz Ridwan kepada wartawan di Subang, Kamis (2/4/2020).

Dia mengungkapkan, untuk permintaan masker sudah ada sekitar 10 ribu pcs, tetapi baru bisa terpenuhi 5 ribu pcs. Karena keterbatasan tenaga santri yang mengerjakan pembuatan masker, sehari mencapai 500 pcs.

“Kami kan hanya memberdayakan 8 dari 16 santri, yang merupakan alumni pelatihan menjahit berbasis kompetensi di BLK Ponpes Darul Falah. Permintaan itu sebenarnya bisa kita penuhi jika seluruh alumni aktif. Karena hanya 8 orang yang aktif, sehingga dari permintaan pesanan 10 ribu pcs, hanya 5 ribu pcs saja,” terangnya.

Pemesanan masker dikelola langsung oleh Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP), sebagai pengembangan usaha di Ponpes Darul Falah.

“Untuk profesionalisme, pemesanan masker dikelola oleh BUMP,” jelasnya.

Dia berharap, produksi masker para santri Ponpes Darul Falah mendapat orderan dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Subang. Terkait pengadaan masker untuk kelengkapan alat pelindung diri (APD).

“BUMP saat sudah berkoordinasi dengan Disnakertrans dan Dinkes untuk legal standing pembuatan masker yang berstandar APD, yang direkomendasikan pemerintah untuk pencegahan penularan virus corona. Kami juga sih berharap, ada permintaan pengadaan masker untuk APD dari Pemkab Subang,” pungkasnya.

BERBAGI