Beranda Warta Desa Cegah Korona, Pemdes Padaasih Bakal Pantau Pemudik Dari ‘Zona Merah’ Covid-19

Cegah Korona, Pemdes Padaasih Bakal Pantau Pemudik Dari ‘Zona Merah’ Covid-19

Jabarpress.com, Subang-Pemdes Padaasih Kecamatan Cibogo kembali melakukan penyemprotan disinfektan, Selasa (31/3/2020) untuk mencegah penyebaran wabah korona.

Penyemprotan melibatkan bhabinkamtibmas polri, babinsa TNI AD dibantu oleh BPD, LPM, serta para tokoh warga.

Babinsa TNI AD Serda Dindin didampingi Bhabinkamtibmas Polri Aiptu I Ketut Sugiana mengaku merasa tanggungjawab untuk turut mencegah penyebaran wabah korona didesa binaannya.

“Ini merupakan salah satu desa binaan tanggungjawab kami, serta tidak terlepas dari dukungan warga untuk melakukan penyemprotan disinfekan massal guna pencegahan wabah korona,” ujarnya.

Dia menyebut, penyemprotan massal ini merupakan yang keempat kalinya karena disinyalir masih ada yang belum dilakukan penyemprotan, yakni pemukiman warga.

Pihaknya mengimbau seluruh warga agar tidak menerima tamu dari dalam maupun dari luar negeri, juga untuk warga yang baru datang dari luar kota atau dari luar negeri agar melapor ke RT dan RW atau ke Desa.

“Dan segera cek kesehatan ke puskesmas terdekat,” katanya.

Bhabinkamtibmas Polri Aiptu I Ketut Sugiana menyebut, penyemprotan massal dilakukan supaya merata, guna mengantisipasi virus corona agar jangan sampai menyebar kemana- mana.

“Diharapkan dalam kegiatan penyemprotan massal ini agar warga waspada, untuk mengantisipasinya adalah membiasakan hidup bersih dan sehat. Bersihkan lingkungan, jauhi kerumunan-kerumunan apalagi orang yang baru datang dari ibukota agar segera melaporkan ke dinas terkait atau cek up ke puskesmas terdekat untuk mengantisipasi penyebaran covid 19,” imbuhnya.

Kades Padaasih Kecamatan Cibogo Nana Suryana melalui Bendahara Desa Juju Junengsih, menyampaikan, penyemprotan disinfektan massal guna pencegahan menyebarnya covid 19, upaya Pemdes Padaasih adalah untuk mengantisipasi warga yang pulang mudik dari luar kota.

“Apalagi warga yang mudik dari zona merah, itu harus segera cek up ke puskesmas terdekat atau lapor kepada RT dan RW agar kita bisa melakukan pendataan kepada warga yang mudik. Kita juga imbau warga agar menjaga pola hidup sehat, membersihkan lingkungan sekitar rumah masing-masing agar tidak terjangkit virus corona, semoga covid 19 cepat berlalu,” tegasnya.

Kadus III Kampung Segrang, Sobar (39 tahun) mengaku bangga ketika ada penyemprotan massal yang secara terus menerus dilakukan guna pencegahan corona.

“Kita berharap semoga virus corona cepat berlalu, kami sebagai Kepala Dusun mengajak warga agar tetap waspada serta mendukung program Pemdes Padaasih, agar tercipta desa yang bersih dan sehat,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)