Beranda Warta Desa Ada 7 ODP, Pemdes Cidadap Bentuk Tim Relawan Sosialisasi Bahaya Corona

Ada 7 ODP, Pemdes Cidadap Bentuk Tim Relawan Sosialisasi Bahaya Corona

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Pemdes Cidadap Kecamatan Pagaden Barat membentuk tim relawan Covid-19 untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus korona.

Ketua Tim Relawan Covid-19 yang juga Ketua BPD Desa Cidadap, H Ade Mulyana, menyebut, tugas relawan Covid 19 adalah mensosialisasikan waspada corona pada masyarakat, dengan cara memasang spanduk di setiap kampung yang berisi info tentang covid-19 serta menempelkan brosur terkait virus corona serta menyeterilkan lingkungan dari mulai fasilitas umum sampai dengan pasilitas pribadi dan membagikan sabun cuci buat tangan ke sekolah-sekolah atau pasilitas umum lainnya.

“Desa Cidadap sangat tanggap terhadap antisipasi covid-19 dengan membentuk relawan, dan tiga hari lalu kita telah melakukan rapat kerja untuk membicarakan teknik serta strategi pemberantasan virus corona,” ujar H Ade, Minggu (29/3/2020).

Selanjutnya, pihaknya juga mendata keluar masuk tamu yang berasal dari daerah zona merah (red zone) covid-19, termasuk para penagih bank keliling dan bank emok.

“Kemudian kami akan awasi mereka secara persuasif,” katanya.

Pihaknya mengimbau warga Cidadap yang merantau ke daerah zona merah covid-19 yang saat ini sudah kembali ke Cidadap agar segera memeriksakan diri ke Puskesmas dan selama 14 hari sejak kedatangan dimohon jangan banyak aktifitas keluar rumah demi kebaikan bersama dalam pencegahan corona.

“Untuk penanganan kita akan melakukan gerak cepat menangani warga yang terkena ciri-ciri covid-19 dengan cara segera melakukan pemeriksaan ke Puskesmas dan membantu logistik bagi warga yang mendapat rekomendasi dari dokter medis,” katanya.

Dia mengungkap, saat ini di Cidadap ada 7 orang yang sedang dalam pemantauan atau ODP yang tersebar di 3 kampung, dimana mereka berasal dari daerah pandemik korona.

“Adapun untuk penyemprotan cairan disinfektan akan kita laksanakan besok Senin (30/3/2020) dan selanjutnya rutin pada pertengahan bulan,” pungkasnya.

(Asep H Ocay)

BERBAGI