Beranda Warta Desa Pemdes Cibogo Semprot Massal Disinfektan Cegah Wabah Korona

Pemdes Cibogo Semprot Massal Disinfektan Cegah Wabah Korona

Jabarpress.com, Subang-Pemdes Cibogo Kecamatan Cibogo melakukan penyemprotan massal disinfektan di sejumlah fasilitas umum, Jumat (27/3/2020).

Penyemprotan massal untuk mencegah penyebaran virus korona (Covid 19) ini melibatkan semua unsur desa, seperti LPMD, Ketua BPD Desa Cibogo Didin Jaenudin, Ketua Karang Taruna Dede Arman, Bhabinkamtibmas Aipda Sudarto, Babinsa, serta tokoh masyarakat.

Kades Cibogo Ahmad Mahbubi melalui Sekdes Gugun Faisal mengatakan, penyemprotan massal disinfektan untuk mengantisipasi penyebaran wabah corona.

“Kita mengikuti arahan kebijakan pemerintah pusat maupun daerah, diantaranya penyemprotan disinfektan untuk pencegahan wabah virus corona. Kita juga sosialisasikan bahaya korona kepada masyarakat melalui wawar menggunakan pengeras suara agar warga tahu, terutama di ruang-ruang publik,” paparnya.

Pihaknya mengimbau semua warga agar menghindari keramaian dan menunda kegiatan hajatan, resepsi pernikahan, atau hiburan.

“Kalaupun ada yang nikah sebaiknya dilakukan akad nikahnya saja, tapi kalau untuk resepsinya itu agar tetap ditunda,” tegasnya.

Gugun berharap, warga menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat serta jangan panik dalam menghadapi wabah yang terjadi saat ini.

Bhabinkamtibmas Desa Cibogo Aipda Sudarto menjelaskan, sesuai perintah Kapolri pihaknya menyampaikan maklumat serta himbauan bekerjasama dengan Pemdes Cibogo untuk menjaga keselamatan warga dari penyebaran wabah corona.

Pihaknya juga meminta warga untuk menunda kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa dalam jumlah besar, seperti hajatan, resepsi nikah dan lainnya.

“Kita berharap warga bisa mengerti isi surat Edaran dan Maklumat yang disampaikan Kapolri. Kami juga mengimbau warga agar menjaga kesehatan, jaga jarak yang telah ditentukan terutama tamu yang datang dari luar, walaupun ada warga yang datang dari luar negeri itu harus cek kesehatan terlebih dahulu ke Puskesmas terdekat,” paparnya.

Ketua Karang Taruna Desa Cibogo Dede Arman menyebut, pihaknya terpanggil untuk ikut penyemprotan massal disinfektan sebagai wujud sinergitas dengan Pemdes Cibogo.

“Kita berharap kepada para kawula muda agar proaktif untuk membantu penanganan antisipasi virus corona, khususnya di Desa Cibogo agar waspada, juga kepada warga dimohon jangan panik dan biasakan pola hidup sehat,” imbuhnya.

(Ajat Sudrajat)