Beranda Daerah FAJI Subang Hijaukan Bantaran Sungai Cipunagara Desa Sadawarna

FAJI Subang Hijaukan Bantaran Sungai Cipunagara Desa Sadawarna

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Subang menggelar launching Fun Rafting dan Penghijauan di Kampung Babakan Kandang Dukuh III RT 12/06 Desa Sadawarna Kecamatan Cibogo, Minggu (15/3/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri Kadisparpora Asep Setia Permana, Raja LAK Galuh Pakuan Evi Silviadi, Kadinsos H Deden, Sekretaris Dishub HM Makmur, Plt Kadis Lingkungan Hidup Rona Mairansyah, Kadinkes diwakili Kasi Rujukan Warmin, Stap Kepresidenan Aryani Djalal, serta tamu undangan lainnya.

Kadisparpora Asep Setia Permana mewakili Bupati Subang H. Ruhimat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dalam cabang olah raga Federasi Arum Jeram Indonesia (FAJI) selain untuk latihan para atlit, bisa juga menjadi destinasi wisata pilihan yang ada di Kabupaten Subang.

Untuk para wisatawan yang datang selain ke Sari Ater, air terjun yang ada di Cisalak juga curug Cijalu, Batu Kapur sementara di pantura ada pantai, serta alternatif lain di sini ada wisata air Arum Jeram.

“Kita dorong cabang olahraga ini agar berkembang dan menjadi ikon di wilayah Desa Sadawarna. Dengan adanya wisata air ini sehingga bisa meningkatkan tarap perekonomian warga, termasuk seni budaya adat sunda, selain itu juga para kawula muda atau Karang Taruna bisa membuat kerajinan dan makanan khas Desa Sadawarna,” ujarnya.

Pihaknya berharap, warga bisa bekerjasama dengan Cabor FAJI sehingga bisa menyerap tenaga kerja bagi warga Desa Sadawarna, selain itu juga para atlit subang bisa berlatih dan Pemerintah Kabupaten hanya bisa mensuport.

“Untuk jalan alternatif, mudah-mudahan pihak PUPR akan merealisasikannya agar pengunjung bisa nyaman melewati jalan tersebut, minimal ada perbaikan, diharapkan tingkat kesadaran masyarakat agar menjaga keutuhan sungai supaya tetap bersih, dan jangan sampai buang sampah sembarangan, agar mewujudkan sapta pesona wisata,” paparnya.

Plt Kadis Lingkungan Hidup Rona Mairansyah mendukung adanya kegiatan tersebut karena bisa turut mewujudkan konservasi lingkungan.

“Salah satu konservasi berupa penanaman pohon di sempadan sungai, kita mengapresiasi ketika komunitas melakukan penanaman di sempadan sungai sehingga tidak akan terjadi abrasi, dan kebersihan sungainya tetap terjaga,” imbuhnya.

Dia berharap sungai tersebut jangan sampai dicemari sampah, dan juga sempadan sungainya ditanami pepohonan untuk menjaga agar tidak abrasi.

“Kepada masyarakat diharapkan bersama-sama menjaga kelestarian sungai. Ketika sungai tersebut bersih airnya itu bisa dipakai untuk kegiatan yang sipatnya bermanpaat,” ungkapnya.

Ketua Umum Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Subang Noviyanti Maulani menjelaskan, Subang ini memiliki potensi untuk wisata Arung Jeram, sementara warga belum mengetahui bahwa Desa Sadawarna memiliki lokasi wisata Sungai Cipunagara dengan akses jalan juga sangat mendukung,” imbuhnya.

Menurutnya, jarak tempuh dari jalan tol cipali 15 menit ke lokasi wisata ini, serta dari pelabuhan patimban juga sangat dekat, dengan digelarnya kegiatan ini merupakan titik awal untuk membuka destinasi wisata air atau Destinasi wisata agro, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan bisa meningkatkan PAD Desa Sadawarna.

“Ketika sudah berjalan kita bisa membuka potensi masyarakat yang ada, sehingga ketika datang para wisatawan ini tidak menginap di hotel, akan tetapi bisa dialokasikan di rumah-rumah warga. Diharapkan kedepan kita bisa bekerja sama dengan masyarakat serta Dinas terkait, karena di FAJI ini bukan semata olahraga prestasi dan bukan sekadar konsevasi wisata, tetapi kita bahu membahu untuk mewujudkan destinasi wisata Kabupaten Subang,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)

BERBAGI