Beranda Daerah Cegah Corona, Pemcam Cibogo Ajak Warga Berpola Hidup Sehat

Cegah Corona, Pemcam Cibogo Ajak Warga Berpola Hidup Sehat

Jabarpress.com, Subang-Pemcam Cibogo bersama Puskesmas Cibogo dan instansi lainnya menggelar Sosialisasi Pencegahan Virus Corona.

Kegiatan yang digelar di aula Kantor Kecamatan Cibogo, Selasa (10/3/2020) ini dihadiri Sekmat Cibogo H Atim, pewakilan muspika, para Kepala Desa, Korwil Disdikbud, Ketua PGRI Kecamatan Cibogo, Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Cibogo, Kepala KUA Cibogo dan tamu undangan lainnya.

Dokter Umum Puskesmas Cibogo Zaenal Efendi menyampaikan, virus Corona adalah coronal zoinotic virus yang ditularkan oleh hewan, virus tersebut menyebar melalui pernapasan langsung ke paru-paru.

Gejala yang dapat ditemukan seperti panas, flu bersin-bersin, sakit kepala, dan sesak napas serta demam itu cirinya terserang virus corona, berbeda dengan flu atau demam biasa yang dikarenakan perubahan Cuaca.

“Alhamdulillah di Subang tidak ada yang mengidap virus Corona. Sosialisasi ini untuk menjaga atau pencegahan tentang virus corona, melalui pola hidup sehat dalam kehidupan warga sehari-hari, serta warga agar menjaga pola makan yang sehat, perbanyak makan sayuran dan buah- buahan, serta cuci tangan pake sabun sebelum makan dan berolahraga,” tuturnya.

Zaenal menyampaikan pesan kepada seluruh warga Cibogo agar jangan panik dan resah terkait dengan virus corona.

“Artinya kita harus membiasakan hidup sehat itu salah satu pencegahan, karena kalau pola makan kita baik, daya tahan tubuh akan kuat. Virus corona kontaknya dengan warga atau sodara yang pulang di luar negeri, itu harus diperiksakan terlebih dahulu ke dokter atau ke puskesmas terdekat, agar terditeksi dinyatakan tidak mengidap virus tersebut. Diharapkan dengan digelarnya kegiatan tersebut agar para kepala desa bisa menyampaikan kepada warganya melalui rapat minggon desa agar jangan resah terkait dengan penyakit virus corona. Ini pencegahannya adalah biasakan pola hidup sehat,” paparnya.

Camat Cibogo Sri Novia melalui Sekmat H Atim menjelaskan, dalam kegiatan minggon Kecamatan sekaligus sosialisasi pencegahan virus corona yang disampaikan narasumber Dr Zaenal Efendi dari UPTD Puskesmas Cibogo, agar masyarakat tidak resah atau panik tentang virus corona tersebut.

“Akan tetapi harus waspada itu terkait dengan virus corona, kami menghimbau kepada warga Kecamatan Cibogo agar berpola hidup sehat cuci tangan pakai sabun sebelum makan dan banyak makan sayur-sayuran juga buah buahan dan istirahat yang cukup,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)