Beranda Pendidikan Warga Sukahurip Peringati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Kyai Ridwan: Shalat 5...

Warga Sukahurip Peringati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Kyai Ridwan: Shalat 5 Waktu Bentuk Kesalehan Sosial

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Tampil dihadapan 300-an warga RW 06 Kampung Sukamulya Desa Sukahurip Kecamatan Cijambe, kyai Ridwan Hartiwan sampaikan ceramah Isra Miraj Nabi Muhammad SAW Tahun 1421 H berisi perlunya implementasi Shalat 5 waktu dalam pemberdayaan masyarakat oleh ulama dan umaro.

Menurutnya sinergitas ulama dan umaro akan melahirkan kesalehan sosial terutama dalam pemberdayaan masyarakat desa.

“Dari apa yang disampaikan ketua RW 06, Ketua MUI dan Bapak Kades Sukahurip spiritnya bagus yakni keinginan membangun desa dari persepsi keulamaan dan ke-umaroan (kepemerintahan desa, red) pemerintah melalui kebangkitan umat dalam melaksanakan shalat 5 waktu,” sebutnya diatas panggung, Sabtu malam (07/03/2020).

Menurut Kyai anggota badan otonom Lajnah Ta’lif Wa Nashr Nahdatul Ulama (LTNU) PCNU kabupaten Subang ini mengimplementasi Shalat 5 waktu berwujud memang bisa diwujudkan melalui pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan kesalehan sosial.

“Shalat akan membangun kesalehan sosial, peristiwa Isra dan Miraj bisa dilihat dari kebersihan niat lahirdan bathin sebelum berangkat mendapat perintah shalat 5 waktu,” ungkap pria yang menyampaikan ceramahnya diselingi humor-humor segar penuh makna.

Menurutnya ayat Qur’an tentang perintah shalat karena shalat bisa mencegah perbuatan keji dan munkar bisa diimplementasikan dalam semua lini kehidupan masyarakat.

“Pejabat tidak korupsi, rakyat taat kepada ulil amri, menghilangkan praktek riba di masyarakat, membangkitkan pengajian di madrasah-madrasah, pesantren, pemuda pemudi yang beriman dan taqwa tetapi berpengetahuan luas adalah imolementasi shalat 5 waktu,”lanjutnya.

Ustadz Ridwan juga berpesan agar warga Sukamulya tak termakan berita hoaks soal penyebaran virus Corona,” Dengarlah pesan ulama, bacalah Qunut Nazilah dalam setiap shalat 5 waktu, perbanyak membaca shalawat, istigfar, istighasah, tawasul agar mendapat perlindungan Alloh SWT dari wabah penyakit Corona ini,” paparnya.

Kades Sukahurip Ajak Ulama, Umaro dan Warga Ciptakan Kesalehan Sosial

Ketua RW 06 setempat Dahya mengajak warga meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui Acara Isra & Miraj nabi Muhammad SAW.

Sementara Kepala Desa Sukahurip Kecamatan Cijambe Deni Setiawan mengajak warga menciptakan lingkungan yang bersih tertib dan nyaman melalui implementasi shalat 5 waktu.

“Isra Miraj itu pasti pesan utamanya melaksanakan perintah shalat, konteks sosialnya mengamalkan kebaikan dalam kehidupan sehari hari dengan melaksanakan shalat 5 waktu bisadiwujudkab dalam menjaga kenyaman, keindahan dan ketertiban,” ungkapnya.

Usai Kegiatan Isra Miraj, Kades Deni Setiawan mengaku bahagia dengan lancarnya kegiatan itu dan berharap desa yang baru dipimpinnya ini bisa lebih maju.

Didampingi tokoh masyarakat dan alim ulama Kades Deny juga berterimakasih kepada mubaligh yang malah menyumbangkan kembali pemberian dari panitia untuk dibelikan keperluan mengaji seperti buku iqra dan Al Qur’an di kampung Sukamulya.

“Terimakasih, Insya Alloh akan kami sampaikan sesuai keinginan beliau,” pungkasnya.

BERBAGI