Beranda Daerah SAPMA Ponpes Darul Falah Bantu Korban Banjir Pantura

SAPMA Ponpes Darul Falah Bantu Korban Banjir Pantura

Jabarpress.com, Subang-Tim SAPMA Pemuda Pancasila Komisariat Ponpes Darul Falah bergerak menyalurkan bantuan ke Pos Relawan Banjir Pantura di Subang Utara, dengan target mushola-mushola yang terdampak banjir.

Jenis bantuan yang disampaikan bukan makanan dan minuman tetapi difokuskan untuk pengadaan Al Quran, Sajadah, Mukena dan kebutuhan mushola atau langgar yang terdampak banjir, bantuan berasal dari kaum muslimin.

“Kalau mushola dan langgar biasanya kan swadaya masyarakat, anggarannya juga tidak ada, kita fokus disitu karena kalau masjid, madrasah, pesantren sudah ada lembaga yang tangani, sesuai arahan pimpinan kami bergerak bekerjasama dengan Posko Relawan Banjir Pantura di Tambakdahan,” ungkap Taufik N Prasetya, Ketua SAPMA Komisariat Ponpes Darul Falah.

Menurutnya mereka diberi waktu selama 2 hari untuk penyaluran bantuan dan pemetaan lokasi yang akan dibantu pada tahap kedua dan telah memberikan tembusan kepada Ketua SAPMA kabupaten Subang.

“Bantuan akan disampaikan dalam 3 tahap, tahap pertama ini sekalian untuk maping lokasi penyaluran tahap ke-2 bersama relawan para mahasiswa yang sudah hampir seminggu disana, kami juga sudah memberi tembusan ke ketua SAPMA Kabupaten Subang,” imbuh Taufik.

Dikonfirmasi terpisah, Pimpinan Ponpes Darul Falah Desa Cimanggu membenarkan kegiatan tersebut merupakan bagian dari pendidikan kemanusian dan terapi sosial bagi para santrinya yang tergabung di SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Subang.

“Ini menjadi terapi sosial kemanusian, anak-anak tergabung ke SAPMA karena spirit pemberdayaannya langsung bersinggungan dengan komponen masyarakat terbawah, anak pesantren harus memiliki kemampuan dakwah multifungsi di era digital, bukan sekedar sharing status, foto bencana di medsos tetapi harus mampu langsung membantu masyarakat sesuai kemampuan dan kapasitas mereka,” ungkapnya.

11 personil anggota SAPMA yang diberangkatkan merupakan santri mukim yang kerap berlatih bersama SAPMA MPC Pemuda Pancasila, di Ponpes Darul Falah selain kegiatan Eskul dan Kepramukaan para santri tingkat SMA bergabung dengan SAPMA MPC Pemuda Pancasila kabupaten Subang.