Beranda Hukum Satgas Saber Pungli Jabar OTT Pelaku Pungli Angkutan Umum Berkedok Wartawan

Satgas Saber Pungli Jabar OTT Pelaku Pungli Angkutan Umum Berkedok Wartawan

Jabarpress.com, Bandung-Satgas Saber Pungli Jawa Barat melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap tiga orang pelaku pungutan liar (pungli) dengan sasaran pengemudi (sopir) angkutan umum Elef jurusan Bandung-Garut.

Sekretaris 2 Tim Satgas Saber Pungli Jawa Barat, AKBP A Rusman, mengungkapkan, pada Jum’at (28/2/2020) sekitar pukul 11.00 WIB di jalan raya Leles Garut, pihaknya mengamankan seorang pria, IMN, dari Paguyuban 33 dengan barang bukti uang sebesar Rp580.000.

Kemudian, timnya juga mengamankan MSN bin Ngatiman selaku bendahara dengan barang bukti uang sebesar Rp445.000 dan seorang wanita, DWS binti H Iing Mahjuni, selaku Ketua Paguyuban 33.

“MSN dan DWS ini juga mengaku sebagai wartawan,” ujar AKBP Rusman kepada Jabarpress.com.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, IMN meminta/memungut uang dari para sopir elf sebesar Rp20.000 per hari atas perintah DWS. Sedangkan modus yang dilakukannya adalah dengan cara menghentikan kendaraan elf dan langsung memungut uangnya dari sopir.

Adapun MSN selaku bendahara menerima setoran setiap harinya dari IMN rata-rata sebesar Rp700.000 dan uang tersebut disimpan di rumahnya.

Sementara DWS selaku Ketua Paguyuban membenarkan telah memerintahkan IMN untuk melakukan pungutan. Ketiga pelaku kemudian diserahkan ke Polres Garut.

“Setelah dilakukan interogasi terhadap para pelaku, selanjutnya diserahkan/dilimpahkan ke Satgas UPP Saber Pungli Kabupaten Garut untuk ditindaklanjuti proses hukum di Satreskrim Polres Garut,” pungkas Rusman.