Beranda Daerah 45 ‘Calon Bidan’ PKL di Cibogo, Kadinkes: Bidan Harus Kuasai Ilmu Kemasyarakatan

45 ‘Calon Bidan’ PKL di Cibogo, Kadinkes: Bidan Harus Kuasai Ilmu Kemasyarakatan

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Sebanyak 45 mahasiswi kebidanan dari Program Studi D III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Bhakti Kencana Subang dilepas untuk mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Peresmian PKL puluhan ‘calon bidan’ yang digelar di Aula Kantor Desa Majasari Kecamatan Cibogo, Kamis (6/2/2020) dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Nunung Suhaeri, Kepala Puskesmas Kecamatan Cibogo dr. Tirama E. Silalahi, Muspika Kecamatan Cibogo, Kepala Desa Majasari, Tati, BPD, LKMD, dan para mahasiswi peserta PKL Universitas Bhakti Kecana Subang.

Dalam amanatnya, Kepala Dinkes Subang Nunung Suhaeri, mengatakan, kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswi Universitas Bhakti Kencana Jurusan Kebidanan ini sebanyak 45 orang yang berlangsung selama dua minggu.

“Dalam prakteknya, para peserta PKL Kebidanan Komunitas ini akan melakukan pembinaan ke rumah-rumah masyarakat, ke posyandu, ke puskesmas dan hasil belajar di Universitas, sekarang praktek di lapangan untuk memberikan pemahaman tentang kesehatan yang ada hubungannya dengan Kebidanan, serta selanjutnya mereka akan mempelajari kehidupan di masyarakat Desa Majasari, diharapkan mereka semua menjadi bidan dan tidak hanya menguasai ilmu kebidanan saja, akan tetapi ilmu kemasyarakatan itu harus dikuasai mereka, kedepan akan terus dilakukan kegiatan tersebut pada setiap angkatan dan dibekali tentang ilmu kemasyarakatan,” papar Nunung.

Camat Cibogo Sri Novia melalui Kasi Kesos Evan Suhendar mengapresiasi kegiatan PKL mahasiswi Universitas Bakti Kencana dalam rangka untuk mengembangkan ilmu yang didapat di bangku kuliah untuk diamalkan di tengah kehidupan masyarakat.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran warga Desa Majasari untuk hidup sehat, dan hal ini dapat memberikan inovasi-inovasi yang bisa diterapkan di masyarakat,” imbuhnya.

Kepala Cabang Universitas Bhakti Kencana (UBK) Subang H. Kusnadi Tisnaharja, menjelaskan, universitasnya tersebar di beberapa kabupaten yakni Bandung, Tasikmalaya, Garut, Subang, Banten, dan lainnya, totalnya ada 7 universitas.

“Saat ini mahasiswi yang mengikuti kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ada 45 orang, diantara tugasnya adalah untuk menangani persalinan, nipas, bayi baru lahir, dan Keluarga Berencana, serta kesehatan lainnya yang ada hubungannya dengan Kebidanan,” tuturnya.

Kebidanan Komunitas melaksanakan Praktek Kerja Lapangan sesuai dengan kurikulum kebidanan. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua minggu.

“Dengan adanya kegiatan tersebut adalah untuk menggali potensi masyarakat yang ada di Desa Majasari, dan diharapkan kedepan mahasiswi ini bisa menyumbangkan ilmunya di bidang kesehatan,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)

BERBAGI