Beranda Daerah Bidang PAUD Dikmas Disdikbud Sosialisasi Perubahan SOTK, Toto: Urus Izin PAUD Gratis!

Bidang PAUD Dikmas Disdikbud Sosialisasi Perubahan SOTK, Toto: Urus Izin PAUD Gratis!

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Subang menggelar sosialisasi program kerja dan perubahan SOTK di Aula Kantor PGRI Kecamatan Cibogo, Selasa (4/2/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri para kepala PAUD dari Kecamatan Cijambe dan Cibogo, Penilik PAUD dan Pengawas TK, Ketua PC Kecamatan Cibogo dan Ketua PC Kecamatan Cijambe serta pewakilan Korwil.

Kabid Pembinaan PAUD dan Dikmas Disdikbud Subang, Maman Rochman, mengatakan, sosialisasi program kerja seksi PAUD ini adalah pembahasan tentang sosialisasi SOTK perubahan di Disdikbud Subang dimana pada tahun sebelumnya bernama Bidang PAUD dan PNF, sekarang berubah jadi Pembinaan PAUD dan Dikmas.

“Pada dasarnya sama, yakni non formal, hanya Dikmas adalah Pendidikan Masyarakat dan sekarang itu disebut Seksi PAUd itu yang menangani PAUd dari awal sampai akhir dan ada lagi Seksi Kesetaraan atau seksi keaksaraan yang menangani paket A, B dan C, juga Seksi Kursus yakni lembaga keterampilan dan pelatihan (LKP) baik pengembangan kesetaraan, Paud, dan LKP itu dilaksanakan oleh masing- masing seksi,” ucapnya.

Pihaknya ingin mensinergikan semua layanan program dan berharap hamonisasi antar lembaga dan lebih sinergitas.

“Kami ingin komitmen dengan ibu- ibu sekalian terutama dengan kenyamanan kita bekerja dalam membangun sebuah tatanan kerja di wilayahnya masing- masing demi terciptanya Indonesia emas di tahun 2024 mendatang,” paparnya.

Kasi PAUD Disdikbud Kabupaten Subang, Toto Suyanto, menyampaikan beberapa program Seksi PAUD yang ada di Disdikbud Kabupaten Subang, dan mengimbau agar laporan pertanggungjawaban dilengkapi karena sebentar lagi akan ada pemeriksaan dari BPK.

“Sementara untuk BOP itu sedang kami proses, berkaitan dengan program kerja tahun 2019 perubahan SOTK selanjutnya untuk anggaran 2021 kita sudah mengaplod untuk fisik bantuan agar segera mengaplod maksimal pada 30 April, jadi tanggal 30 Januari itu memberikan proposal dan selanjutnya kami akan memperifikasi proposal tersebut,” imbuhnya

Menurutnya, ada beberapa lembaga PAUD di Kecamatan Cibogo dan Cijambe yang belum tercover.

“Itu akan kami masukan serta itu pun pasti dapat, sementara untuk aplod data jangan saat ini, itu dilakukan pada bulan Maret, jadi yang tidak tercover pada 2020 kami akan ajukan ke anggaran perubahan, selanjutnya untuk perizinan rekan ibu yang belum mendapat izin operasional itu bisa mengajukan kepada kami, diusahakan tidak boleh melalui orang lain, langsung yang memiliki lembaga dan itu tidak ada biaya apapun,” ujarnya.

Pengawas TK Disdikbud Kabupaten Subang, Nunung Nurhayati, menjelaskan, pihaknya membawahi binaan PAUD dan TK di dua wilayah yakni Kecamatan Cibogo dan Cijambe.

Dalam rangka pembentukan formal dan non formal, ada empat ormit atau organisasi mitra dari IGTKI dan Himpaudi dan dari masing- masing kecamatan itu ada IGTKI dan Himpaudi.

“Himpaudi itu adalah guru-guru dari Pendidikan Non formal yakni Kober TPA SPS dan IGTKI itu cakupannya adalah guru-guru pormal seperti TK,” tuturnya.

“Cibogo dan Cijambe itu adalah binaan kami serta di dalamnya ada guru PAUD dan Guru TK, sementara kegiatan sosialisasi program Kerja Seksi PAUD ini baru dilakukan tahun ini, akan tetapi untuk sosialisasi yang lain juga pembinaan dari Dinas Kabupaten setiap tahun itu sering dilakukan cuma beda materi, diharapkan bahwa tenaga kependidikan saat ini sudah tersusun rapih sesuai dengan fungsinya masing – masing,” pungkas Nunung.

(Ajat Sudrajat)

BERBAGI