Beranda Daerah Tingkatkan Produksi Migas, Pertamina EP Asset 3 Bangun Sumur Baru Di Subang

Tingkatkan Produksi Migas, Pertamina EP Asset 3 Bangun Sumur Baru Di Subang

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Untuk meningkatkan produksi minyak bumi dan gas (migas), PT Pertamina EP Asset 3 melakukan pengeboran sumur baru di Kabupaten Subang.

Lokasi pengeboran sumur baru ini berada di area lapang pengeboran JST-A2 di wilayah Desa Kalentambo Kecamatan Pusakanagara, di lahan seluas sekitar 4 hektare.

Drilling Supervisor Pertamina EP, Warnandes AM, menyebut, pengeboran sumur baru di area lapang pengeboran JST-A2 yang dinamai Sumur Jati Asri (JAS)-019 ini, dimulai pada 24 Desember 2019 lalu dan saat ini sudah memasuki hari ke-43 dari total 68 hari pengeboran yang ditargetkan.

“Kami bekerja non stop, siang malam. Hari ini memasuki hari ke-43 pengeboran atau sudah mencapai 63.096 jam. Targetnya 68 hari. Kami optimis, pekerjaan selesai lebih cepat dari yang ditargetkan,” ujar Warnandes kepada awak media, di sela kegiatan Media Visit Pertamina EP di lokasi pengeboran sumur migas Desa Kalentambo Kecamatan Pusakanagara, Selasa (4/2/2020).

Dengan mengerahkan pekerja sebanyak 140 orang, saat ini kedalaman pengeboran sumur yang dilakukan pihaknya sudah mencapai sekitar 3.243 meter.

Sumur ini ditargetkan mampu memproduksi minyak bumi 297 Barrel per hari (BOPD) dan gas bumi 2,37 MMSCFD.

Pihaknya menegaskan, aktivitas pengeboran sumur migas baru ini berlangsung aman dan ramah lingkungan.

“Insyaalloh aman. Kami sudah melakukan pelatihan-pelatihan khusus untuk mengantisipasi potensi-potensi kerawanan,” tegas Warnandes.

Kegiatan Media Visit Pertamina EP Asset 3 diikuti puluhan awak media dari wilayah Subang, Karawang dan Bekasi.

Kegiatan dihadiri manajemen Pertamina EP Asset 3, diantaranya Humas Pertamina EP Asset 3 Linggar Anggraeni.

Dalam kegiatan itu, Pertamina EP memperkenalkan lokasi sumur baru migas, proses pengeboran, hingga SOP pelaksanaan pengeboran.

Pertamina EP Asset 3 Sukses Produksi Minyak 13.074 BOPD Pada 2019

Diketahui, Pertamina EP, sebagai salah satu Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) dibawah pengawasan SKK Migas mendapatkan tugas untuk memenuhi amanah menjaga ketahanan energi Indonesia.

Pertamina EP Asset 3, salah satu Asset Pertamina EP dengan wilayah kerja di Jawa Barat melalui Tambun Field, Subang Field dan Jatibarang Field pada tahun 2019 berhasil mencatatkan produksi minyak sebesar 13.074 BOPD dan gas sebesar 262,1 MMSCFD

Salah satu upaya yang dilakukan dengan melakukan pengeboran JST-A2 yang berlokasi di Desa Kalentambo Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang.

Dengan kegiatan di atas, diharapkan dapat meningkatkan produksi minyak Pertamina EP Asset 3 sebesar 300 BOPD dan gas sebesar 2,4 MMSCFD.

General Manager PT Pertamina EP Asset 3, Wisnu Hindadari, menyampaikan bahwa pencapaian ini didapatkan dengan kerja keras dan kerjasama dari semua pihak agar peningkatan produksi untuk meningkatkan cadangan migas dapat terpenuhi.

PT Pertamina EP Asset 3 dalam upayanya memenuhi kebutuhan energi nasional turut memperlihatkan komitmen dan pelaksanaannya yang tinggi terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Hal tersebut dibuktikan dengan diterimanya PROPER EMAS tahun 2019 dari KLHK untuk Field Tambun dan Field Subang. Raihan PROPER Emas untuk Subang Field diraih untuk ketiga kalinya dan PROPER Emas untuk Tambun Field merupakan pencapaian untuk kedua kalinya.

Keberhasilan Subang Field mempertahankan PROPER Emas untuk ketiga kalinya itu karena unit usaha Pertamina EP tersebut menerapkan berbagai program TJSL yang dicanangkan secara konsisten.

Salah satu program yang cukup menarik perhatian adalah pemberdayaan masyarakat melalui program Wapa Pantura (Warga Peduli AIDS dan sukarelawan Pasukan Anti-Penularan HIV/AIDS) di Kabupaten Subang.

Pemberdayaan masyarakat dan pelibatan berbagai pihak dalam program WAPA Pantura yang diinisiasi Pertamina EP Asset 3 Subang Field dinilai sebagai langkah strategis dalam menanggulangi penularan HIV/AIDS di wilayah tersebut.

Pertamina EP Asset 3 Tambun Field juga melaksanakan program pengembangan masyarakat dengan payung program Green Coastal Village antara lain program Pesisir Berdikari dengan kegiatan antara lain Budidaya Rumput Laut, Pakan Ikan dari Limbah Rumput Laut dan Olahan Rumput Laut.

Salah satu kegiatannya yakni Olahan Rumput Laut yang dilakukan oleh Kelompok Anugerah Pertiwi ini telah menghasilkan produk-produk baru seperti Agar Strip dan Mie Krystal.

Produk tersebut merupakan produk olahan rumput laut yang terbilang baru dan belum pernah ada di Indonesia. Kelompok Anugerah Pertiwi merupakan satu-satunya UKM yang memproduksi Agar Strip dan Mie Krystal.

BERBAGI