Beranda Seni Budaya Milangkala Ke-14 Desa Cibalandongjaya Berlangsung Meriah, Kades: Pertahankan Gotongroyong

Milangkala Ke-14 Desa Cibalandongjaya Berlangsung Meriah, Kades: Pertahankan Gotongroyong

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Milangkala ke-14 Desa Cibalandongjaya Kecamatan Cibogo berlangsung semarak dan dimeriahkan oleh gerak jalan santai dan tablig akbar serta di puncak acara diwarnai dengan acara hiburan doorprize, Sabtu (1/2/2020).

Kegiatan milangkala Desa Cibalandongjaya turut dihadiri oleh Kadis BPBD H.Hidayat sekaligus memberikan taushiah, Kadis Pemdes H Nana Mulyana, muspika Kecamatan Cibogo, para Kepala Desa se-Kecamatan Cibogo, tokoh masyarakat serta warga setempat.

Dalam sambutannya, Camat Cibogo Sri Novia menyampaikan, atasnama Pemerintah Kecamatan Cibogo pihaknya mengucapkan selamat milangkala Desa Cibalandongjaya yang ke-14 tahun.

Pihaknya berharap, mudah-mudahan visi atau moto yakni Bersatu Untuk Maju ini semoga bisa tercapai dan juga Milangkala ini bisa memberikan motivasi agar lebih maju lagi.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Kepala Desa atas kebersamaan warga. Saya juga apresiasi kepada Pjs Kepala Desa atas dedikasinya selama ini,” ujarnya.

Selanjutnya, Camat Sri juga memberikan bantuan Rp100 juta yang bersumber dari dana kewilayahan untuk SDN Sukatani.

“Saya ingin memberikan dan akan menyisihkan dana kewilayahan Kecamatan Cibogo ke SDN Sukatani sebesar Rp100 juta serta untuk warga Cibalandong semoga anak bisa belajar dengan tenang dan nyaman. Untuk musrenbang tahun depan, saya akan mengalokasikan anggaran dari dana kewilayahan ke SDN Cimanggu, dilakukan secara bergilir. Hal ini adalah untuk kenyamanan belajar siswa/i Sekolah Dasar, diharapkan warga Desa Cibalandong agar terus berkarya dalam berbagai kegiatan supaya lebih maju,” paparnya.

Bupati Subang H Ruhimat melalui Kadis Pemdes Nana Mulyana, mewakili Pemkab Subang mengucapkan terimakasih kepada warga Desa Cibalandongjaya yang saat ini sedang melaksanakan kegiatan Milangkala.

Kegiatan tersebut agar menjadi bahan evaluasi, juga untuk meningkatkan kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan warga.

“Secara pribadi saya memiliki sejarah. Saat itu pada tahun 2005 lalu ketika saya menjabat sebagai Camat Cijambe ingin melahirkan Cibalandong menjadi Desa, dan saat itu juga perebutan batas wilayah sehingga sampai lahirnya Desa Cibalandongjaya, itu berkat kegigihan dan kerja sama para tokoh masyarakat, dan Desa Cibalandong saat ini mengalami perkembangan yang luar biasa,” tuturnya.

“Sementara pada tahun 2008 Desa Cibalandong dipisahkan masuk ke wilayah Kecamatan Cibogo, diharapkan semangat gotong royong yang ditanamkan pada saat itu jangan sampai luntur agar lebih ditingkatkan lagi supaya tercipta sebuah pembangunan yang lebih maju,” imbuh Nana.

Pjs Kades Cibalandongjaya Atim menjelaskan, kegiatan milangkala ke-14 tahun ini adalah untuk menjalin tali silaturahmi antara warga dan Pemdes Cibalandong, ternyata warga sangat antusias walaupun kegiatan ini dilaksanakan sangat sederhana sekali tidak lain agar masyarakat merasa memiliki desanya.

“Artinya pemerintahan desa butuh dukungan serta dorongan dari semua lapisan masyarakat supaya bersatu untuk maju dan menanamkan sifat gotong royong yang ditanamkan sejak dulu,” ucapnya.

Pihaknya berharap, dalam waktu dekat ini menghimbau berkaitan dengan turunnya SPPT mendatang diharapkan warga sadar akan PBB.

“Pendapatan dari PBB ini akan balik lagi ke masyarakat menjadi sebuah pembangunan di desa kita, dan pembangunan tersebut adalah hasil pajak yang kita bayar,” katanya.

Atim menambahkan, Desa Cibalandongjaya mendatang akan terdampak Bendungan Sadawarna, sehingga secara otomatis warga petani akan beralih fungsi menjadi petani ikan.

“Karena itu kami selaku Pemerintah Desa akan berupaya untuk melakukan pelatihan dan studi banding ke Jatiluhur agar warga dapat memahami bagaimana tatacara menjadi petani ikan serta warga tidak kehilangan mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)

BERBAGI