Beranda Warta Desa Desa Di Kecamatan Cibogo Bakal Dapat Dana Kewilayahan Rp220 Juta

Desa Di Kecamatan Cibogo Bakal Dapat Dana Kewilayahan Rp220 Juta

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Pemerintah Kecamatan Cibogo menggelar rapat minggon di aula kantor kecamatan, Selasa (21/1/2020).

Rapat yang dipimpin Camat Cibogo Sri Novia ini dihadiri para Kepala Desa, ASN, Kepala UPTD Puskesmas, Pendamping Desa, serta para staf kecamatan.

Dalam amanatnya, Camat Cibogo Sri Novia menyampaikan apresiasinya kepada para kepala desa yang telah melaksanakan Musrenbang tingkat desa pada 14-16 Januari 2020.

Sri menyebut, di tahun anggaran 2020 ini, pihaknya memerkirakan pagu dana kewilayahan untuk Kecamatan Cibogo tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni sekitar Rp3 miliar.

“Untuk pagu anggaran kewilayahan ini memang belum ada SK Bupati, tapi minimal anggarannya tidak jauh dari tahun lalu yaitu Rp3 miliar, dimana sebanyak Rp1 miliar dialokasikan untuk kecamatan dan Rp2 miliar kita bagi kepada 9 desa,” ungkapnya.

Camat Sri memerkirakan, dana kewilayahan yang akan dialokasikan untuk masing-masing desa sebanyak Rp220 juta per desa.

“Hasil musrenbangdes sudah berembuk dan ada beberapa desa yang belum menyampaikankan dokumen-dokumen hasil berita acaranya ke kecamatan. Saya berharap desa yang belum menyerahkan berita acara hasil musrenbangdes agar segera dilengkapi dan diserahkan ke kecamatan untuk direkapitulasi,” paparnya.

Pihaknya juga meminta para kades agar merampungkan APBDes dan bersedia membuat fakta integritas.

“Selanjutnya kaitan dengan APEBDes saya meminta untuk masing-masing APBDes ini dilaksanakan dengan baik. Ini merupakan tanggungjawab pemdes untuk melaksanakan program-program sesuai dengan aturan yang berlaku, sebelum penandatanganan kita buat fakta integritas agar melaksanakan program tersebut dengan penuh rasa tanggungjawab,” tegas Sri.

Pendamping Desa Asep Iwan menambahkan salah satu proritas Dana Desa tahun 2020 adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Saat ini pihaknya sedang fokus ke pemberdayaan ekonomi Desa melalui Bumdes.

“Kegiatan rutin yang sedang dilaksanakan adalah diskusi, musyawarah, dan rapat internal dengan para pengurus Bumdes se-Kecamatan Cibogo, pada setiap bulan hari Sabtu minggu ketiga,” imbuhnya.

Sementara untuk tempat musyawarah dilaksanakan di area terbuka, dilakukan secara keliling ke setiap Bumdes yang ada di desa-desa di Kecamatan Cibogo.

“Untuk penyertaan modal Bumdes disarankan serta dianggarkan tahap pertama, agar target PAD Desa tercapai karena ada waktu yang cukup untuk Bumdes mengelola usahanya, dan suatu saat dengan diskusi ini bisa terbentuk Badan Usaha Milik Desa Bersama atau BUMDESMA di Kecamatan Cibogo,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)

BERBAGI