Beranda Hukum Pemcam Cibogo Bersama Pemdes Siapkan Relokasi 409 KK Terdampak Proyek Bendung Sadawarna

Pemcam Cibogo Bersama Pemdes Siapkan Relokasi 409 KK Terdampak Proyek Bendung Sadawarna

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Cibogo tengah bersiap merelokasi warga Desa Sadawarna dan Cibalandongjaya yang terkena dampak proyek pembangunan Bendung Sadawarna.

Hal itu terungkap dalam musyawarah yang digelar di aula Kecamatan Cibogo, Senin (20/1/2020).

Musyawarah relokasi warga terkena dampak Bendung Sadawarna ini dihadiri Camat Cibogo, Sri Novia; Kades Sadawarna Juhedi Rudiawan; Kapolsek Cibogo; tokoh masyarakat dan perwakilan warga.

Camat Cibogo, Sri Novia, mengungkapkan, warga Desa Sadawarna yang akan direlokasi sebanyak 109 KK (kepala keluarga), berasal dari RT 01/01 Kampung Sadawarna dan RT 05/02 Kampung Bolang, dengan keseluruhan lahan yang terendam (bakal tergenang) bendungan sebanyak 561 bidang tanah.

“Mereka akan direlokasi ke lahan yang masih berada di wilayah Desa Sadawarna. Untuk lokasinya, kita koordinasi dengan pihak desa,” ujar Camat Sri kepada Jabarpress.com.

Adapun untuk Desa Cibalandongjaya, jumlah warga terdampak yang akan direlokasi sebanyak 300 KK berasal dari 3 RW, dengan total lahan yang bakal tergenang air bendungan sebanyak 916 bidang.

Mereka direncanakan akan direlokasi ke tanah negara bebas yang masih berada di wilayah Desa Cibalandongjaya.

“Khusus untuk Cibalandongjaya ini, lokasi relokasinya sudah siap seluas sekitar 10 hektar, berupa tanah negara bebas,” paparnya.

Sri menambahkan, hingga kini, lahan terdampak Bendung Sadawarna yang sudah dibebaskan (sudah dibayar) seluas 72 hektar milik PT Dahana dengan nilai Rp87.000/meterpersegi.

“Kepada warga yang lahannya belum dibebaskan, kami imbau tetap tenang, karena pasti diselesaikan. Kami juga terus koordinasi dengan pihak desa serta pihak-pihak terkait lainnya untuk memberikan yang terbaik bagi warga,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)

BERBAGI