Beranda Jabar Pemilihan Ketum IKA UNPAD Bakal Gunakan Model Baru

Pemilihan Ketum IKA UNPAD Bakal Gunakan Model Baru

BERBAGI

Jabarpress.com, Bandung-Reuni Akbar dan Pemilihan Ketua Ikatan Alumni (IKA) UNPAD Bandung dijadwalkan Sabtu, 4 April 2020 mendatang di Kampus UNPAD Jalan Dipati Ukur, Bandung, dengan tema “Hayu Babarengan Ngapungkeun UNPAD”.

Hal itu terungkap saat Konperensi Pers Launching Reuni Akbar dan Pemilu Raya IKA UNPAD di Gedung IKA UNPAD Jalan Singaperbangsa No. 1 Bandung, Rabu (15/1/2020).

Konperensi pers dihadiri Ketua Reuni Akbar dan Pemilu Raya UNPAD, Rachman Ridhatulah; Sekretaris Jenderal (Sekjen) IKA UNPAD, Muradi, dan Anggota Panitia Mubes & Pemilu Raya IKA UNPAD, Nugroho Adinegoro.

Nugroho Adinegoro mengatakan, bagi Universitas Padjadjaran (UNPAD), alumni adalah representasi kualitas Perguruan Tinggi.

“Bahkan IKA UNPAD sebagai wadah organisasi keluarga alumni dalam eksistensinya telah diakui memiliki peranan penting dalam pembangunan di tingkat nasional maupun dunia. Banyak lahir alumni-alumni yang dipercaya oleh bangsa dalam peran sertanya membangun kemajuan negeri,” ujarnya.

Ketua Reuni Akbar dan Pemilu Raya UNPAD, Rachman Ridhatulah, mengungkapkan, di ujung kepengurusan Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran periode 2016-2020 yang dipimpin Hikmat Kurnia selaku Ketua Umum dan Muradi sebagai Sekretaris Jenderal, telah banyak peran dan kontribusi yang dilakukan sebagai mitra strategis kelembagaan alumni dan negara dalam upaya terwujudnya Indonesia maju, mandiri, berdaulat dengan semangat kolaboratif.

Akhirnya setelah empat tahun Hikmat Kurnia memimpin lebih dari 400.000 alumni yang tersebar di seluruh Indonesia dan dunia, tiba saatnya kepengurusan IKA UNPAD akan berakhir.

Sekjen IKA UNPAD Muradi berharap pemilihan ketua umum baru berjalan normal dan meriah.

“Kami asumsikan ada 5.000 alumni yang berpartisipasi dalam pemilihan Ketum IKA UNPAD dengan model baru menggunakan Barcode,” ujarnya.

Saat ini, IKA UNPAD sudah membangun pondasi yang baik agar lebih aktif, lebih responsif, dan lebih bisa mengayomi.

“Jabatan Ketum IKA UNPAD merupakan jabatan yang prestisius, karena merupakan ex officio anggota Majelis Wali Amanat UNPAD. Contohnya saat pemilihan Rektor terjadi perdebatan sengit di IKA UNPAD, di situlah letak strategis, politis, dan kontribusi Ketum. Prestisius yang lainnya dari Ketum yaitu upayanya untuk menjadi lima besar Ikatan Alumni di Indonesia,” tegasnya.

Informasi yang dihimpun, pemilihan Ketum IKA UNPAD periode 2020-2024 dan Reuni Akbar akan dilaksanakan pada Sabtu, 4 April 2020. Proses pemilihan akan kembali menggunakan sistem one man one vote secara langsung.

(Dudy Supriadi)

BERBAGI