Beranda Warta Desa Cegah Banjir, Warga Desa Kosambi Gotongroyong Buat Saluran Baru Irigasi

Cegah Banjir, Warga Desa Kosambi Gotongroyong Buat Saluran Baru Irigasi

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Warga Desa Kosambi Kecamatan Cipunagara bersama aparatur pemerintah desa setempat bergotongroyong membuat saluran baru irigasi di areal pesawahan Dusun Cipicung Kampung Sukawera RT 17/06, Rabu (15/1/2020).

Gotongroyong pembuatan saluran baru irigasi dipimpin langsung oleh Kepala Desa Kosambi Kecamatan Cipunagara, Saepudin, dan melibatkan Babinsa TNI Pelda Joko, Kadus Darim serta puluhan warga.

Kades Kosambi, Saepudin, menyebut, pembuatan saluran baru irigasi sepanjang 100 meter lebih dan lebar 2 meter ini, untuk mengatasi banjir musim hujan yang sering merendam lahan pertanian di wilayah tersebut.

“Saluran baru ini berfungsi sebagai buangan dari air banjir yang merendam sawah. Air (banjir) itu nantinya dibuang lewat saluran ini ke Sungai Haur. Jadi memang fungsi utama saluran ini untuk mengatasi banjir,” ujar Saepudin kepada Jabarpress.com.

Pihaknya bersyukur, pembuatan saluran pembuangan air banjir ini mendapat persetujuan dari para pemilik sawah, sehingga bisa terwujud.

“Kebetulan pemilik sawahnya bersedia merelakan sebagian lahannya untuk pembuatan saluran buangan ini demi kemaslahatan bersama,” ucapnya.

Selanjutnya, sambung Saepudin, saluran buangan ini akan dilengkapi dengan gorong-gorong sepanjang 7 meter melintasi jalan, untuk mengalirkan air limpasan dari areal sawah yang terendam.

Kadus Darim menambahkan, pembuatan saluran buangan ini berawal dari seringnya lahan sawah di wilayah tersebut direndam banjir saat musim hujan, sehingga mengancam tanaman padi.

“Ada sekitar 70 hektar lebih sawah yang terendam banjir disini, airnya sampai meluap ke jalan. Untuk mengatasinya, pemerintah desa dipimpin Pak Kades Saepudin berinisiatif membuat saluran buangan bergotongroyong bersama warga,” imbuhnya.

BERBAGI