Beranda Daerah Pulang Umroh, Bupati Ruhimat Hadiri Pembagian Sertifikat Oleh Menteri ATR

Pulang Umroh, Bupati Ruhimat Hadiri Pembagian Sertifikat Oleh Menteri ATR

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN, Sofyan Djalil, membagikan sertifikat program redistribusi tanah objek landreform kepada 2.180 warga di alun-alun Kecamatan Pusakanagara, Selasa (14/1/2020).

Penyerahan ribuan sertifikat ini turut dihadiri oleh Bupati Subang, H Ruhimat, yang baru pulang dari menjalankan ibadah umroh di Mekah. Kegiatan ini juga dihadiri Camat Pusakanagara M Rudi dan unsur Forkopimda.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ribuan sertifikat pengelolaan tanah negara tersebut diberikan kepada 500 warga Kecamatan Pusakanagara, 900 warga Kecamatan Pusakajaya, 270 warga Compreng dan 500 warga Kecamatan Dawuan.

Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN, Sofyan Djalil, menyebut, pemberian sertifikat tanah kepada masyarakat telah melalui beberapa proses, mulai dari tahap penyuluhan, inventarisasi, dan identifikasi obyek dan subyek sampai pada pembukuan hak dan penerbitan sertifikat.

“Masyarakat yang diberikan sertifikat untuk mengelola dan memanfaatkan tanah negara tersebut, nantinya bisa dikelola untuk pertanian dan perkebunan,” ujarnya.

Adapun jangka waktu yang diberikan oleh negara kepada warga yang dapat sertifikat pengelolaan tanah negara tersebut hanya 10 tahun.

“Mereka yang diberikan sertifikat hari ini oleh Kementerian Agraria Tata Ruang dilarang keras untuk menjual dan mengalihfungsikan tanah negara tersebut,” tegas Djalil.

Bupati Subang H Ruhamat mengucapkan banyak terimakasih atas kepercayaan Pemerintah Pusat untuk memberikan pengelolaan tanah negara kepada warga Subang.

“Seperti diketahui, 40 persen wilayah Kabupaten Subang merupakan tanah negara, sudah sepantasnya pemerintah pusat memberikan pengelolaan tanah negara tersebut kepada masyarakat demi meningkatkan kesejahteraan,” imbuhnya.

Dia berharap dengan diberikannya sertifikat sebagai bukti kepercayaan Pemerintah Pusat kepada masyarakat Subang untuk mengelola tanah negara, bisa dimanfaatkan dengan baik.

Ruhimat juga menyebut, tahun 2020 ini Kementerian ATP/BPN akan memberikan sebanyak 48 ribu sertifikat kepada warga Subang untuk mengelola tanah negara dan tahun 2021 akan ditingkatkan lagi jadi 65 ribu sertifikat.

Sebelumnya diketahui, Bupati Subang H Ruhimat dan Wakil Bupati Agus Masykur Rosyadi berangkat ke luar negeri.

H Ruhimat berangkat ke Mekah untuk menjalankan ibadah umroh. Sedangkan Agus Masykur berangkat ke Taiwan untuk menghadiri undangan komunitas Ganas dan TKI.

“Bupati sudah jelas ibadah umroh. Kalau Wabup menghadiri undangan Ganas di Taiwan, ini sudah dijadwalkan bulan-bulan sebelumnya,” ujar Sekda Subang H Aminudin, Senin (13/1/2020).

Sekda memastikan, perjalanan ke luar negeri dua pimpinan Subang ini sudah mendapat izin Gubernur dan Mendagri.

“Sudah, sudah ada semua. Malam ini (Senin, 13/1/2020) keduanya pulang ke Subang,” ucapnya.

BERBAGI