Beranda Ekonomi BUMDes Rancamanggung Sediakan Berbagai Kebutuhan Warga

BUMDes Rancamanggung Sediakan Berbagai Kebutuhan Warga

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan usaha desa yang dikelola oleh pemerintah desa dan berbadan hukum. Pemerintah desa dapat mendirikan badan usaha milik desa (BUMDES) sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa.

Pembentukan BUMDes ditetapkan dengan peraturan desa dan upaya untuk meningkatkan kualitas pembangunan tentunya butuh penambahan anggaran, untuk pemberdayaan dan meningkatkan kapasitas perekonomian masyarakat.

Pemerintah Desa (Pemdes) Rancamanggung Kecamatan Tanjungsiang termasuk yang concern mengembangkan BUMDes untuk pemberdayaan warganya.

Kepala Desa Rancamanggung Kecamatan Tanjungsiang, K. Abas Sujana melalui Ketua BPD Maman Suryatna, mengatakan, BUMDes Rancamanggung bergerak dalam penyediaan toko peralatan bangunan.

Dengan adanya toko alat-alat bangunan itu merupakan salah satu kebutuhan warga desa tersebut dengan harga standar.

“Kita ngambil di harga material lainnya minimal bisa mengurangi biaya angkut, karena jarak tempuh ke toko alat bangunan itu cukup jauh. Makanya kami sudah menyediakan toko alat-alat bangunan yang sumbernya dari Bumdes,” ujar Maman kepada Jabarpress.com, Senin (13/1/2020).

Menurutnya, penyediaan kios peralatan bangunan oleh BUMDes ini sangat dibutuhkan warga, juga dalam rangka memberdayakan keuangan desa.

“Tentunya agar dana BUMDes dapat berputar sehingga kedepan makin berkembang. Selain menyediakan alat bangunan, kami juga menyediakan toko kelontongan dan alat elektronik,” tuturnya.

Warga setempat, Iwan Setiawan, mengaku bangga dengan adanya BUMDes yang menyediakan toko berbagai kebutuhan masyarakat. Karena warga tidak jauh lagi untuk belanja dan harga terjangkau.

“Di sini juga menyediakan alat-alat elektronik, servis HP, menerima jasa pelayanan pasang CCTV untuk kebutuhan warga,” ucapnya.

Dengan adanya BUMDes, pihaknya dapat menyediakan alat-alat material bangunan, home industri, warung kelontongan, pangkalan gas LPG 3 kg dan lainnya.

“Diharapkan Desa Rancamanggung bisa lebih maju dibanding desa lain bahkan bisa menjadi percontohan bagi desa lain,” pungkasnya.

(Ajat Sudrajat)

BERBAGI