Beranda Daerah Diduga Pakai Anggaran DBHCT, Ormas GAMPIL Tuding Pembelian 22 Mobil Siaga Sehat...

Diduga Pakai Anggaran DBHCT, Ormas GAMPIL Tuding Pembelian 22 Mobil Siaga Sehat Subang Bermasalah

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Pembelian 22 unit mobil siaga sehat Subang Jawara yang kemudian dibagikan oleh Bupati Subang H Ruhimat kepada 22 desa/kelurahan pada Kamis (19/12/2019) silam yang bertepatan dengan 1 tahun kepemimpinannya, menuai polemik.

Sejumlah kalangan masyarakat menilai, pembelian puluhan mobil siaga sehat tersebut bermasalah, karena diduga menyalahi ketentuan.

Ketua Gerakan Anak Muda Peduli Lingkungan (GAMPIL), Enjang Taufik Hidayat, menduga, pembelian 22 unit mobil siaga sehat itu menggunakan anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) yang diterima Pemkab Subang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) sebesar Rp4.413.679.000.

Pasalnya, ujar dia, anggaran DBHCT yang sebelumnya diterima Dinkes pada 2018 lalu semasa Pemkab Subang dipimpin Plt Bupati Ating Rusnatim, tidak diserap.

“Kerja Dinas Kesehatan Subang perlu dipertanyakan, karena ada anggaran alokasi DBHCT pada tahun 2018 yang diberikan oleh Kemenkeu tidak diserap. Padahal Keputusan Bupati Subang Nomor: 976/KEP.491.BP4D/2018 yang ditandatangani Plt Bupati Ating Rusnatim sudah diterbitkan, dengan anggaran sebesar Rp4.413.679.000 dan Dinkes mendapatkan alokasi sebesar sekitar Rp4 miliar,” ujar Enjang Blek, sapaan akrabnya, kepada Jabarpress.com, Kamis (9/1/2020).

Namun, sambung dia, pada 27 Juni 2019 diterbitkan surat pernyataan penganggaran sisa atau Silpa DBHCT sebesar Rp4.266.636.853 atasnama H Ruhimat.

Pihaknya pun menduga, dana Silpa dari DBHCT ini dibelanjakan untuk pengadaan 22 unit mobil siaga sehat.

“Disayangkan anggaran dari DBHCT tersebut dibelanjakan untuk pembelian 22 unit mobil siaga sehat,” ucapnya.

Enjang juga menilai, pembelian puluhan mobil itu menyalahi ketentuan dari pemerintah pusat.

“Pembelian 22 mobil tersebut disinyalir berbau penyalahgunaan wewenang atau tidak sesuai dengan ketentuan dari kementerian keuangan,” pungkasnya.

Mengenai polemik pembelian puluhan mobil siaga sehat ini, belum ada tanggapan dari pihak terkait lainnya. Namun sebelumnya diberitakan, Bupati Subang H Ruhimat, bertepatan dengan 1 tahun kepemimpinannya, membagi-bagikan 22 bantuan hibah mobil siaga sehat Subang Jawara (Jaya, Istimewa dan Sejahtera) kepada desa/kelurahan di Kabupaten Subang yang berprestasi.

Penyerahan mobil siaga sehat Subang Jawara dibagikan langsung oleh Bupati Subang H Ruhimat di halaman Rumah Dinas Bupati Subang, Kamis (19/12/2019) silam.

Bantuan hibah mobil ini diberikan kepada desa/kelurahan yang memenuhi kriteria tertentu. Kriteria desa atau kelurahan yang mendapat bantuan mobil tersebut, haruslah berprestasi, diantaranya, seperti juara Kampung KB terbaik, juara penyetoran Pajak Bumi Bangunan (PBB) terbaik dan kriteria lainnya.

Selanjutnya, Bupati Subang kedepannya berencana akan memprogramkan bantuan 1 unit mobil siaga sehat Subang Jawara per kecamatan.

BERBAGI