Beranda Daerah BLK Ponpes Darul Falah Siapkan Pelatihan Menjahit Berkompetensi

BLK Ponpes Darul Falah Siapkan Pelatihan Menjahit Berkompetensi

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Presiden RI Ir H Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas belum lama ini di Ponpes Al Fadhlu 2 Kaliwungu Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah.

Peresmian tersebut diapresiasi para pengelola BLK Komunitas di daerah, hal tersebut disampaikan pimpinan Ponpes Darul Falah Desa Cimanggu Kecamatan Cisalak, Ust Ridwan Hartiwan, Kamis malam (2/01/2020).

Menurut Ridwan apa yang disampaikan Presiden di Kendal diantaranya bagaimana masyarakat dan para santri memiliki life skill yang tangguh dengan pelatihan di BLK, dia juga mengaku terkejut dimana BLK didukung perbankan di Indonesia, Kampus dan lembaga bisnis dan riset ternama untuk mewujudkan Indonesia Maju.

“Apa yang disarankan pak Jokowi menarik, BLK jangan sekedar pelatihan tapi tanyakan dulu kebutuhan tenaga kerja di pasar apa, jadi ketika setelah lulus pelatihan langsung terserap ke dunia kerja,” ungkapnya.

Pimpinan Ponpes Darul Falah Desa Cimanggu Ridwan Hartiwan menambahkan keinginan untuk mengundang perusahaan-perusahaan terkait yang bisa dijadikan partner BLK Komunitas.

“Bisa untuk input tenaga kerja juga menggalang kerjasama misalkan makloon pengerjaan jahitan saku, kerah, produksi handuk dll sehingga semua peserta pelatihan bisa lebih terarah sebelum diserap perusahaan, faktor yang membedakan dengan industri biasa karena program ini ada di pesantren dan BLK itu ide dan inisiatif langsung Presiden Jokowi” kata Ridwan yang juga menjadi Kepala BLKK Ponpes Darul Falah.

Pihaknya juga telah membicarakan hal itu kepada Disnakertrans Subang dan meminta dukungan tekhnis supaya BLK Komunitas di kabupaten Subang bisa berdaya saing, dia juga mendorong terbentuknya Forum Komunikasi Balai Latihan Kerja Komunitas (FK-BLK) Kabupaten Subang.

“Pemerintah akan kembali membangun 2000 BLK pada tahun 2020 dengan dana sangat besar, kalau BLK yang sudah dibangun tidak optimal takkan mencapai target dalam menurunkan jumlah pengangguran di Indonesia serta menaikkan daya saing masyarakat, jama’ah dan santri Pondok Pesantren,” tegasnya.

Dia berharap pelatihan bisa optimal dan tidak mengandalkan dana pemerintah, karenanya dia mengajak swasta untuk ikut membantu pengentasan pengangguran melalui pelatihan berkompetensi di semua BLK Komunitas di kabupaten Subang.

“Apakah industri di kabupaten Subang akan membuka akses untuk masuknya naker lulusan BLK Komunitas, bantuan Perbankan seperti BRI, Mandiri dan BNI yang jelas telah melakukan MOU dengan Kemnakertrans untuk program BLK Komunitas ini, atau bantuan paket pelatihan dari pihak swasta lainnya, karena dengan demikian pemberdayaan masyarakat akan lebih terukur,” ucapnya.

Peserta Pelatihan Akan Ditambah Materi Kemampuan Komputer & Bahasa Asing

Saat ini BLK Komunitas Ponpes Darul Falah akan membuka pelatihan menjahit berbasis kompetensi untuk tahun 2020, pihaknya membuka kesempatan warga masyarakat, santri yang ingin mengikuti pelatihan tersebut bisa mendaftar langsung di gedung BLK Komunitas Ponpes Darul Falah setiap hari Senin & Selasa , tanggal 1-15 Januari 2020.

“Untuk pelatihan sekarang selain menjahit akan disiapkan materi tambahan seperti Ketenagakerjaan, Bahasa Inggris, Bahasa asing pilihan dan komputer untuk menunjang keahlian peserta pelatihan secara kompleks,” pungkasnya.

Seleksi calon peserta pelatihan juga akan difokuskan kepada mereka yang ada di usia produktif, aspek mentalitas, serta keinginan kuat memasuki dunia kerja serta mau merevolusi mindset mereka untuk menjadi lebih baik.

BERBAGI