Beranda Daerah Di BB Padi Sukamandi, Menteri Pertanian Luncurkan Benih Padi Unggul

Di BB Padi Sukamandi, Menteri Pertanian Luncurkan Benih Padi Unggul

Jabarpress.com, Subang-Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo, didampingi Bupati Subang, H Ruhimat, beserta jajaran Pemkab Subang, mengunjungi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementan RI di Kecamatan Ciasem (BB Padi Sukamandi), Senin sore (16/12/2019).

Dalam kunjungan tersebut, Mentan meluncurkan teknologi varietas unggul baru padi fungsional, pengumuman penamaan varietas, aplikasi pemesanan dan distribusi benih VUB berbasis android, teknologi Alsintan 4.0, dan penyerahan bantuan benih VUB secara simbolis.

Dalam paparannya, Mentan Syahrul Yasin Limpo, menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan program strategis Kementerian Pertanian, melalui gerakan nasional peningkatan produktivitas, produksi dan ekspor.

“Dengan inovasi dari BB Padi ini diharapkan dapat meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani,” Syahrul.

Ada 7 program dan kegiatan strategis yang diprioritaskan Kementan saat ini, diantaranya, program satu data untuk akurasi data lahan dan produksi, Agriculture War Room, Kostra Tani, gerakan nasional peningkatan produktifitas produksi dan ekspor, family farming, pertanian masuk sekolah dan kawasan pertanian terintegrasi maju dan modern.

Badan Litbang sebagai penghasil inovasi teknologi terus berupaya melahirkan inovasi maju berbasis teknologi di era industrial 4.0.

Hal tersebut dituangkan dalam kegiatan pemetaan luas lahan baku sawah berpresisi tinggi menggunakan citra satelit, pengunaan alat mekanisasi pertanian robotic dan autonomus serta teknologi pemupukan dan pengairan presisi.

Bupati Subang, H Ruhimat, menyebut, kunjungan Menteri Pertanian di Kabupaten Subang saat ini akan memotivasi Pemda untuk terus menjadikan bidang pertanian sebagai salah satu kebijakan strategis dan mempertahankan Kabupaten Subang sebagai salah satu daerah yang menjadi lumbung padi nasional.

“Ini sesuai misi Subang yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bidang pertanian, ekonomi kerakyatan, industri kreatif, perikanan dan kelautan, perdagangan serta penggalian potensi kepariwisataan berbasis budaya dan kearifan lokal,” imbuhnya.

Dalam kunjungan Mentan tersebut, juga dilaksanakan penandatanganan peresmian taman sains dan teknologi padi, penandatanganan perjanjian kerjasama pengiriman produk benih padi dengan layanan online sistem website dan pemanfaatan outlet PT. Pos Indonesia (Persero).