Beranda Daerah Patroli Kamtibmas di Cibogo, Polres Subang Sukses Ringkus Pelaku UPAL

Patroli Kamtibmas di Cibogo, Polres Subang Sukses Ringkus Pelaku UPAL

Jabarpress.com, Subang-Jajaran Satuan Reserse Kriminal Polres Subang berhasil meringkus dua pelaku peredaran uang palsu (UPAL). Kedua pelaku, yakni URN, 69 tahun, warga Kampung Pulekan Desa Balingbing Kecamatan Pagaden Barat, dan SGD, 39 tahun, warga Perum BIP Cikampek, Karawang.

Kapolres Subang, AKBP Teddy Fanani, didampingi Kasat Reskrim, Moch Ilyas Rustiandi, mengungkapkan, penangkapan pelaku bermula ketika petugas melakukan patroli rutin dalam rangka monitoring situasi Kamtibmas di wilayah Kecamatan Cibogo, Selasa 12 November 2019 lalu.

Saat itu, diterima informasi dari masyarakat bahwa di Jembatan Cilamatan Padaasih Kecamatan Cibogo terdapat seseorang yang memiliki banyak uang rupiah diduga palsu.

Setelah dilakukan pemantauan, tim berhasil mengamankan tersangka URN dengan barang bukti uang palsu (UPAL) sebanyak 67 lembar pecahan Rp100.000 dan Rp50.000.

Berdasarkan keterangan URN, UPAL dibelinya dari SGD, warga Cikampek Karawang. SGD pun berhasil diringkus polisi.

“Setelah dilakukan pemeriksaan diketahui, UPAL yang dijual tersangka SGD kepada URN adalah hasil pembelian dari S dan N. Saat ini, S dan N masuk DPO dan sedang kita kejar,” ungkap Kapolres Teddy, saat jumpa pers di Mapolres Subang, Kamis (12/12/2019).

Dari pengungkapan kasus ini, polisi mengamankan barang bukti UPAL senilai Rp4.550.000 dengan rincian 24 lembar UPAL nominal Rp100.000 dan 43 lembar UPAL nominal Rp50.000, serta 2 buah HP.

“Para pelaku UPAL ini dikenakan Pasal 36 Ayat 2 dan 3 Undang-undang RI Nomor 7 Tahun 2011 Tentang Mata Uang, dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp50 miliar,” pungkas Kapolres.