Beranda Daerah Membekal APBD Rp3,3 Triliun, JIMAT-AKUR Kebut Bangun Infrastruktur Di 2020

Membekal APBD Rp3,3 Triliun, JIMAT-AKUR Kebut Bangun Infrastruktur Di 2020

Jabarpress.com, Subang-Pemkab Subang di bawah kepemimpinan Bupati H Ruhimat dan Wakil Bupati Agus Masykur Rosadi (JIMAT-AKUR) dalam setahun ini sudah berupaya mewujudkan pembangunan, meski masih terdapat banyak kekurangan.

“Kami akui dalam satu tahun kepemimpinan kami ini masih banyak kelemahan. Untuk itu kami mohon maaf kepada seluruh masyarakat Subang. Dalam satu tahun ini, kami memang melanjutkan apa yang telah diprogramkan oleh bupati sebelumnya,” ujar Bupati Subang, H Ruhimat, saat bersilaturahmi dengan puluhan wartawan di Hotel Betha Subang, Rabu malam (11/12/2019).

Hadir dalam silaturahmi pemkab dengan awak media yang digagas Bagian Humas dan Protokol Setda itu sejumlah kepala dinas, diantaranya Kepala DPMPTSP Ahmad Sobari, Kepala Dinas PUPR Besta Besuki Kertawibawa, Kabag Humas dan Protokol Asep Setia Permana, dan lainnya.

Untuk 2020 mendatang, APBD Subang sudah ditetapkan dalam rapat paripurna DPRD pada akhir November 2019 sebesar Rp3,3 triliun.

Dengan bekal APBD sebesar ini, duet kepemimpinan JIMAT-AKUR menargetkan percepatan pembangunan sejumlah infrastruktur prioritas di tahun 2020 mendatang.

Diantaranya, pembangunan jalan lingkar Subang Kota sepanjang 31 kilometer dan sudah disetujui oleh DPRD terkait penganggarannya, kemudian pembangunan ruas jalan Suai sampai Kecamatan Serangpanjang yang kondisinya setara jalan provinsi.

“Untuk pembiayaannya sudah dianggarkan dari Pemprov Jabar sebesar Rp35,6 miliar,” ungkap Ruhimat.

Selanjutnya, pembangunan jalan lingkar di Kecamatan Jalancagak yang sumber pembiayaannya dari dana CSR yang disiapkan Pemprov Jabar.

“Insyaalloh, pada bulan Puasa tahun 2020, jalan lingkar Jalancagak sudah bisa digunakan. Untuk pembebasan tanah dan pembangunan jalan-jalan lingkar tersebut, anggarannya disiapkan total Rp810 miliar,” paparnya.

Ruhimat juga menyampaikan ihwal rencana pemindahan pusat pemerintahan Subang dan penataan alun-alun serta Lapang Bintang.

“Untuk pusat pemerintahan, tanahnya sudah siap seluas 300 hektar dan sudah diberikan oleh RNI agar dikelola oleh Pemkab Subang. Kami juga merencanakan penataan alun-alun dan pembangunan Lapang Bintang dengan anggaran Rp15 miliar. Dan insyaalloh, di tahun depan ini, kita juga bakal dapat dana hibah lumayan besar, tidak hanya dari pemerintah pusat, tapi bahkan dari luar negeri, dari IDB yang jumlahnya lumayan besar, ratusan miliar. Semua upaya ini, kami lakukan untuk kesejahteraan seluruh rakyat Subang,” pungkas Ruhimat didampingi Wakil Bupati Agus Masykur.